Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Persiapan ASEAN Para Games di Solo Sudah Berjalan

Senin 20 Jun 2022 10:51 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Sejumlah atlet para atletik nomor tolak dan lempar National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). Tim NPC Indonesia menargetkan juara umum pada ajang ASEAN Para Games XI 2022.

Sejumlah atlet para atletik nomor tolak dan lempar National Paralympic Committee (NPC) mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) untuk ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). Tim NPC Indonesia menargetkan juara umum pada ajang ASEAN Para Games XI 2022.

Foto: ANTARA/Maulana Surya
Dari Kementerian Perhubungan, misalnya, sudah memberikan alat transportasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan persiapan sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Provinsi Jawa Tengah, sudah berjalan. "Saya sudah mendapatkan laporan dari Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, sebagai penanggung jawab pelaksanaan APG XI dan konfirmasi dari Sekda Pemerintah Provinsi Jateng atas nama Gubernur komitmen penuh memberikan dukungan atas pelaksanaan APG XI di Solo," kata Menpora usai acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan APG 2022, di Solo, Ahad (19/6/2022) malam WIB.

Selain itu, laporan dari National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dan dari Kemenpora, sehingga dapat menyimpulkan bahwa persiapan sudah berjalan. "Insya Allah diharapkan bisa sukses penyelenggara, sukses prestasi, dan sukses administrasi karena Wali Kota Surakarta sudah menyampaikan, akan selesaikan pekerjaan ini, dengan sebaik-baiknya dan tidak ada masalah-masalah muncul di belakang hari," tutur Menpora.

Baca Juga

Menpora mengatakan, sukses berikutnya yang diharapkan yakni untuk peningkatan ekonomi di daerah ini, dan sekitarnya. Karena itu, setelah kegiatan itu, akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Solo dan sekitarnya. Pada penyelenggaraan APG, komandan pelaksanaan langsung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Kemenpora akan mendukung dan untuk prestasi komandan Ketua NPC, Senny Marbun.

Bahkan, Peraturan Presiden (Perpres) No. 95/2022, tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo, sudah ditandatangani oleh Presiden. Karenanya, hal ini sudah menjadi keputusan dalam rapat kabinet terbatas, sehingga langsung jalan koordinasi dengan lintas Kementerian.

Dari Kementerian Perhubungan, misalnya, sudah memberikan alat transportasi yang sesuai kebutuhan para atlet APG. Sedangkan lainnya sudah bergerak di lapangan.

Persiapan sudah matangSementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, juga selaku Ketua ASEAN Para Games Organizing Commitee (Inaspoc) mengatakan pihaknya sudah memaparkan soal persiapan penyelenggaraan APG XI 2022 kepada Menpora.

"Intinya persiapan penyelenggaraan APG XI di Solo sudah matang, dari arena, hotel dan lain-lain sudah disiapkan semua. Untuk opening (pembukaan) dan closing (penutupan) seremonial juga sudah disiapkan," ujar Gibran.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA