Senin 20 Jun 2022 06:32 WIB

Israel Peringatkan Iran Soal Penyerangan ke Warganya di Luar Negeri

PM Israel mengingatkan warganya untuk menjaga diri.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih
FILE - Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.
Foto: AP/Abir Sultan/Pool European Pressphoto Agenc
FILE - Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memperingatkan Iran tentang aksi dan upayanya mengincar warga Israel di luar negeri lewat serangan teror. Bennett menegaskan, siapa pun yang berusaha melukai atau membunuh warganya akan memperoleh ganjarannya.

“Kami saat ini menyaksikan upaya Iran menyerang warga Israel di berbagai lokasi di luar negeri. Dinas keamanan (Israel) bekerja untuk menggagalkan upaya serangan sebelum dilakukan. Kami akan terus menyerang mereka yang mengirim teroris,” kata Bennett, Ahad (19/6), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

Bennett pun memperingatkan warga Israel agar tidak bepergian ke Turki demi keselamatan mereka. “Kami telah memperingatkan warga Israel untuk menghindari terbang ke Turki, terutama Istanbul, saat ini jika tidak perlu. Bahayanya masih besar. Saya meminta warga Israel untuk menunjukkan tanggung jawab pribadi dan menjaga keamanan mereka,” ucapnya.

Sebelumnya otoritas Israel telah memperingatkan warganya agar tidak bepergian ke Turki dengan alasan potensi bahaya. Menurut Israel ada kemungkinan “serangan balas dendam” oleh Iran sebagai respons atas pembunuhan Kolonel Sayad Khodaei dari Korps Garda Revolusi Iran.

Radio penyiar publik Israel, Kan telah melaporkan pekan lalu bahwa pejabat keamanan menggagalkan serangan Iran yang menargetkan warga Israel di Turki pada Mei. Kolonel Sayad Khodaei tewas ditembak oleh dua pengendara sepeda motor di dekat rumahnya di Teheran pada 22 Mei lalu. 

Menurut kantor berita Fars, terdapat lima peluru yang diarahkan pada Khodaei. Awalnya, Korps Garda Revolusi Iran menyalahkan “kelompok anti-revolusi” dan “agen arogansi global” atas pembunuhan tersebut. Kelompok anti-revolusi biasanya merujuk pada oposisi anti-rezim. Sementara arogansi global mengacu pada Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Namun belakangan Pemimpin Korps Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Hossein Salami menuding Israel sebagai dalang di balik pembunuhan Khodaei. “(Khodaei) telah mati syahid oleh orang-orang paling kejam, Zionis. Insya Allah, kami akan membalas kematiannya,” ujar Salami seperti tertulis di situs resmi Korps Garda Revolusi Iran pada 30 Mei lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement