Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

UMM Juara Kontes Robot Puspresnas 2022

Senin 20 Jun 2022 05:19 WIB

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

 Tim Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu mendapatkan juara dua pada Kontes Robot Indonesia 2022 Regional Wilayah II yang dilaksanakan pada 11 hingga13 Juni 2022 secara daring

Tim Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu mendapatkan juara dua pada Kontes Robot Indonesia 2022 Regional Wilayah II yang dilaksanakan pada 11 hingga13 Juni 2022 secara daring

Foto: istimewa
Diharapkan tim Dome UMM bisa mengulang raihan gemilang tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tim Robot Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu mendapatkan juara dua pada Kontes Robot Indonesia 2022 Regional Wilayah II yang dilaksanakan pada 11 hingga13 Juni 2022 secara daring. Tim kebanggaan UMM ini berhasil meraih kemenangan pada kategori Kontes Robot SAR (KRSRI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Adapun tim ini terdiri atas Salman Al-Farisi Ramadhani, Aditya Septiawan Dwi Andika dan Naufal Labib Althof. Perwakilan tim, Aditya Setiawan Dwi mengungkapkan, timnya tetap bersyukur walaupun meraih juara dua di tingkat regional. "Apalagi dengan persiapan yang relatif singkat dan informasi yang mendadak," kata Aditya Ahad (19/6/2022).

Baca Juga

Menurut Aditya, timnya harus berusaha ekstra dalam latihan dan penyusunan agar robot tidak bermasalah saat perlombaan. Selain kerja keras, doa dari kedua orang tua juga menjadi hal penting yang melancarkan perjalanan tim.

Pada kompetisi tahun ini, kompetisi tersebut memberikan misi untuk memadamkan api di ruangan dan menyelamatkan korban. Aditya mengatakan keunggulan dari robot Dome terletak pada segi desain dan strategi robot. Adapun proses perakitan memakan waktu lebih dari satu bulan. Belum lagi mereka harus mengalami kendala komponen yang susah ditemui.

Usai menang di regional, ia dan tim nantinya akan bertarung dalam Kontes Robot Indonesia (KRI). Ajang ini merupakan kompetisi tahunan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika bagi mahasiswa. Ada beberapa tahap yang harus dilewati Adit dan tim agar bisa hadir dan bersaing secara luring.

Ia berharap, tim Dome UMM bisa mengulang raihan gemilang tahun lalu dengan menduduki juara pertama di kategori KRSRI. Selain itu juga mampu menjadi tim dengan desain dan strategi terbaik. 

Untuk tingkat nasional, tim akan lebih menguatkan mental karena euforianya tentu akan berbeda. "Pertandingannya dilaksanakan secara langsung dan semoga kita dapat menjuarainya seperti tahun lalu,” katanya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA