Senin 20 Jun 2022 06:07 WIB

Windows 11 Bakal Miliki Alat Baru, Bisa Cek Aplikasi yang Memata-matai Pengguna

Fitur baru bisa melihat aplikasi apa yang mengakses perangkat keras sensitif

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Dwi Murdaningsih
Bocoran tampilan widget Windows 11.
Foto: the verge
Bocoran tampilan widget Windows 11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Windows 11 memiliki alat privasi baru yang rapi yang sekarang dalam tahap pengujian. Alat privasi baru ini memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi apa yang mengakses perangkat keras sensitif seperti webcam Anda.

Fitur Privacy Auditing ditampilkan di Twitter, oleh Wakil Presiden Microsoft untuk Enterprise dan OS Security, David Weston. Fitur ini hadir dalam versi pratinjau baru Windows 11 dan sedang diuji di Dev Channel. 

Baca Juga

Fitur ini terletak di bawah Settings (dalam Privacy & security > App permissions), di mana Anda dapat melihat daftar aktivitas terbaru untuk melihat. Misalnya, aplikasi mana yang telah mengakses mikrofon Anda dalam sepekan terakhir, atau mungkin kamera Anda, titik lain yang jelas dari panggilan untuk memeriksa aktivitas yang berpotensi mencurigakan.

Dilansir dari Tech Radar, Ahad (19/6/2022), fitur baru itu juga mengawasi aplikasi yang telah mengakses kontak Anda, atau detail yang berkaitan dengan lokasi Anda, panggilan telepon, dan lainnya.

Dalam setiap contoh, pengguna juga diberi tahu waktu dan tanggal yang tepat dari akses yang dilakukan ke perangkat keras atau fungsi yang bersangkutan.

Fitur baru ini cukup luas dalam hal mengawasi berbagai bagian kecil yang sensitif, dari kamera dan mikrofon yang jelas, hingga kontak dan detail lainnya. Ini adalah info yang bagus untuk dimiliki dalam hal transparansi yang berkaitan dengan apa yang sedang dilakukan oleh perangkat lunak pada sistem Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement