Senin 20 Jun 2022 00:11 WIB

Terpilih Jadi Ketua IKAPTK, Kadisdik Jabar: Kondusifitas Jadi Prioritas

Ada empat poin strategi untuk mendorong eksistensi IKAPTK Jabar

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Kadisdik Jabar
Foto: dok. istimewa
Kadisdik Jabar

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dedi Supandi, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Jawa Barat masa bakti 2022-2027. Hal itu mengemuka dalam Kongres DPP IKAPTK Jabar di Gedung KORPRI, Jalan Turangga, Kota Bandung, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Dedi Supandi, ada empat poin strategi untuk mendorong eksistensi IKAPTK Jabar. Strategi pertama, yaitu tentang kondusifitas jadi prioritas.  "Bagian dari sub programnya adalah bagaimana menghadirkan seluruh kabupaten kota terbentuk kepengurusan IKAPTK yang hari ini baru 14, dari 27 kabupaten kota," ujar Dedi Supandi, Ahad (19/6/2022). 

Baca Juga

Selain melakukan ekspansi kepengurusan, kata dia, dalam masa baktinya sebagai Ketua IKAPTK Jabar juga pihaknya akan mengkonsolidasikan agar pengurus di kabupaten kota mendukung program dari kepala daerah.  "Siapapun kepala daerahnya, itu harus didukung untuk mempercepat pembangunan jangka menengah di setiap daerah," katanya. 

Strategi kedua, kata Dedi, akan melakukan penguatan organisasi dengan membentuk korwil di setiap wilayah. Diharapkan, pembukaan korwil yang merupakan jejaring dari IKAPTK provinsi ke kabupaten/kota dapat terwujud.

Strategi ketiga, kata Dedi, yaitu mengembangkan  inovasi dan kolaborasi. Hal itu dilakukan untuk menghimpun ide, kreativitas, dan inovasi di sebuah daerah yang bersumber dari anggota IKAPTK akan disebarkan ke daerah lainnya. "Jadi nanti jika ada inovasi di satu daerah bisa dibawa oleh pengurus IKAPTK agar inovasi positif ini bisa diterapkan di daerah-daerah yang belum hadir inovasi untuk kesejahteraan rakyat," paparnya. 

Program keempat, kata dia, adalah meresonansi dan menebarkan kebermanfaat. Hal ini sangat perlu dilakukan, termasuk melalui kegiatan yang berdampak positif.

Sementara menurut Ketua Panitia Kongres DPP IKAPTK Jabar, Asep Yudi Mulyadi, kongres kali ini merupakan implementasi kepatuhan organisasi AD/ART. Selain itu, juga bentuk keseriusan pihaknya untuk memperkuat kembali ikatan kebersamaan."Dan silaturahim untuk bersama-sama memajukan kapasitas dan kapabilitas alumni APDN, STPDN, IPDN pdn, sebagai aparatur pemerintahan," kata Asep.

Selepas kongres ini, pihaknya berharap IKAPTK Jabar dapat menjadi rumah besar yang dapat memberikan manfaat bagi sekitar. Sehingga eksistensi IKAPTK dapat lebih terlihat sebagai organisasi profesi yang memiliki peran signifikan baik bagi internal maupun eksternal organisasi. 

"Bagi kami selaku para aparatur pemerintah yang muda, IKAPTK ini diharapkan dapat menjadi tempat menimba ilmu, tempat bertanya, berkeluh kesah, curhat. Bagi para aparatur pemerintah yang telah senior IKAPTK ini menjadi tempat berbagi informasi ilmu dan pengalaman," paparnya. 

Diketahui, Kursi kepemimpinan IKAPTK Jabar sendiri sebelumnya diisi oleh Plt Ketua, Dani Ramdan. Adapun kongres DPP IKAPTK Jabar juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Jabar Ferry Sofwan Arief, Sekjen Dewan Pengurus Nasional (DPN) IKAPTK Kuswanto, dan Perwakilan Dewan Pengurus kabupaten/kota (DPK) IKAPTK se-Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement