Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Rangkaian Muktamar Persis, Dewan Hisbah akan Bahas 12 Tema Keumatan

Ahad 19 Jun 2022 16:36 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Logo Persis. Dewan Hisbah akan hadirkan ulama sebagai rangkaian Muktamar Persis

Logo Persis. Dewan Hisbah akan hadirkan ulama sebagai rangkaian Muktamar Persis

Dewan Hisbah akan hadirkan ulama sebagai rangkaian Muktamar Persis

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Hisbah Persatuan Islam (Persis) akan membahas permasalahan-permasalahan umat yang muncul kekinian jelang Muktamar ke-16 Persis, Selasa (21/6/2022) hingga Rabu (22/6/2022) di Pondok Pesantren Persis 50 Ciputri Lembang. Terdapat 12 tema keumatan yang akan dibahas dalam sidang. 

Koordinator Humas dan Publikasi Kegiatan Dewan Hisbah Persis Penyerta Muktamar ke-16 Persis, Jejen Jaenudin, mengatakan terdapat rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jelang muktamar Persis dan Persistri ke-16 pada September. Salah satu acara yang akan dilaksanakan yaitu sidang Dewan hisbah kelima.

Baca Juga

"Sebelum muktamar, ada beberapa rangkaian acara. Untuk Selasa, dan Rabu kita ada acara sidang Dewan Hisbah lembaga ulama Persis, para ulama ada menyidangkan beberapa masalah (kekinian)," ujarnya saat dihubungi, Ahad (19/6/2022).

Dia mengatakan terdapat 12 tema yang diangkat dalam sidang Dewan Hisbah untuk dibahas. Salah satu tema yang akan dibahas diantaranya hukum tentang berqurban hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). 

"Kita ada 12 tema termasuk salah satu (tema yang dibahas) hukum berqurban di antaranya yang terkena PMK," katanya. Tema lainnya diantaranya diantaranya terkait kaifiyat memilih pemimpin menurut Islam, peninjauan ulang status hukum BPJS, hakikat dan batasan manhaj salaf.

Selain itu tema tentang syariat dan batasan memuliakan ahlul bait, nishab zakat tijarah, kaifiyat upacara penguburan jenazah, cara mendoakan jenazah di pemakaman. Serta ketentuan zakat perhiasan dan hukum ijarah muntahiyah bi tamlik. 

Dia mengatakan kegiatan sidang lengkap Dewan Hisbah Persis akan dihadiri oleh seluruh ulama. "Ini sidang Dewan Hisbah lengkap jadi seluruh ulama Persis hadir," katanya.

Jejen mengatakan keputusan-keputusan tentang hasil sidang dewan hisbah Persis akan diumumkan pada akhir kegiatan. Diharapkan hasil tersebut akan memberikan pemahaman kepada jamaah Persis dan masyarakat umum tentang permasalahan-permasalahan terkini. 

"Diharapkan memberikan ketenteraman dan ketenangan dalam beribadah, dalam upaya ijtihad," katanya.

Jejen menambahkan kegiatan Muktamar Persis dan Persistri ke-16 sendiri akan digelar pada tanggal 23-26 September mendatang. 

Dia mengatakan kegiatan Muktamar Persis akan dipusatkan di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung. Sementara kegiatan Muktamar Persistri digelar di Trans Studio Bandung.      

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA