Ahad 19 Jun 2022 09:06 WIB

Rekomendasi Aktivitas Seru Bersama Anak di Masa Liburan

Mengisi waktu liburan tidak harus selalu dengan pelesir ke suatu tempat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktivitas bermain sambil belajar dapat menjadi ide mengisi liburan sekolah anak.
Foto: Dok Shopee
Aktivitas bermain sambil belajar dapat menjadi ide mengisi liburan sekolah anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa libur sekolah yang hampir tiba bisa menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Waktu liburan akan terasa sangat spesial apabila semua anggota keluarga dapat bersama-sama terlibat dalam rangkaian aktivitas yang seru.

Orang tua memiliki peran penting dalam menciptakan momen liburan berkesan itu melalui kegiatan produktif dan bermanfaat bagi anak-anak. Mom influencer Caca Tengker mengatakan ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

Baca Juga

Ibu dua anak itu memberikan kiat supaya orang tua bisa merancang aktivitas menyenangkan sekaligus memiliki manfaat untuk tumbuh kembang dan kreativitas anak. Nyatanya, mengisi waktu liburan tidak harus selalu dengan pelesir ke suatu tempat.

"Yang penting kebersamaan, mau di rumah, di hotel, naik MRT, naik bus, yang penting keluarga bersama-sama. Bisa ngobrol sama anak. Banyak ruang dan waktu untuk bonding sama anak," kata Caca pada acara virtual "Shopee Media Gathering: Liburan Senang, Anak Riang", dikutip Ahad (19/6/2022).

 

Menurut Caca, liburan yang menyenangkan adalah yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Membuat agenda atau to-do-list bersama dapat menjadi cara untuk meningkatkan hubungan anak dengan orang tua. Anak juga bisa bermain sambil belajar.

Selain itu, orang tua juga dapat menjelaskan hal apa yang diperoleh dari aktivitas kepada anak. Caca mencontohkan rencana aktivitas yang dia buat selama masa liburan. Pada pagi hari, Caca akan mengajak anaknya ikut memasak dan menyiapkan sarapan yang bisa melatih keterampilan serta kesabaran.

Siang hari, Caca akan mengajak anak-anaknya untuk beraktivitas membuat prakarya. Kegiatan ini biasanya berupa melukis, mewarnai, menggunting kertas dan mengaplikasikan lem, sebuah wujud memberi kebebasan kepada anak untuk berkreativitas.

Malam harinya, Caca akan mengajak anak-anak untuk movie time. Tak cuma menonton film, dia meminta anak-anaknya menulis nilai positif apa yang dapat dipetik dari film tersebut. Untuk mengapresiasi anak atas kegiatan selama sehari, Caca akan memberikan snack favorit anak yang disantap selama menonton.

Owner of Ganara Art, Tita Djumaryo, sepakat bahwa aktivitas bermain sambil belajar dengan anak sangat penting dan bermanfaat. Rangkaian kegiatan itu akan membantu tumbuh kembang anak. Orang tua pun dapat memperhatikan secara langsung apa saja yang telah dikuasai atau belum dikuasai oleh anak.

Lewat media sosialnya, Ganara Art kerap menyebarkan gagasan program liburan kreatif yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anak dan orang tua bebas bereksplorasi untuk menentukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement