Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tampaknya Menyehatkan, Makanan Ini Justru Bisa Picu Hipertensi

Ahad 19 Jun 2022 06:55 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Sereal sarapan (Ilustrasi). Sereal memang termasuk makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, dengan adanya gula tambahan, sereal berpotensi menaikkan berat badan dan ujungnya akan memicu hipertensi.h

Sereal sarapan (Ilustrasi). Sereal memang termasuk makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, dengan adanya gula tambahan, sereal berpotensi menaikkan berat badan dan ujungnya akan memicu hipertensi.h

Foto: Needpix
Hindari makanan yang tampaknya menyehatkan padahal dapat picu hipertensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang tampaknya sehat disinyalir malah dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini berbahaya karena hipertensi bisa menjadi pendahulu dari komplikasi yang mengancam jiwa, mulai dari serangan jantung hingga strok.  

Blood Pressure UK menyarankan untuk menghindari makanan yang seolah-olah menyehatkan, salah satunya sereal sarapan dengan tambahan gula. Opsi itu perlu dilakukan, terlebih ketika seseorang sedang mencoba menjaga tingkat tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

Baca Juga

Efek yang paling utama dari sereal dengan gula tambahan terkait dengan lonjakan berat badan. Menurut Blood Pressure UK, makanan dengan tambahan gula cenderung tinggi kalori tetapi sering kali memberikan nilai gizi yang sangat sedikit atau tidak memuatnya sama sekali.

"Energi ekstra dapat membuat bobot badan bertambah, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini juga dapat menyebabkan diabetes. Peningkatan tekanan darah dan diabetes sama-sama meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok, terutama jika memiliki keduanya secara bersamaan," demikian bunyi keterangan dari Blood Pressure UK.

Ahli nutrisi komersial di The1:1 Diet besutan Cambridge Weight Plan, Mark Gilbert, sepakat dengan rekomendasi itu. Gilbert menjelaskan bahwa saran tersebut telah didukung oleh tinjauan penelitian pada 2014 yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition.

Tinjauan menganalisis lebih dari 11 ribu penelitian. Temuan mengungkap bahwa gula merupakan penyebab signifikan dari tekanan darah tinggi. Menurut Gilbert, sereal tinggi gula adalah hal yang kurang pas untuk disantap setiap orang saat memulai hari.

"Bahkan sereal berlabel rendah gula dapat meningkatkan gula darah karena biasanya terdiri dari karbohidrat olahan dan kebanyakan orang mengonsumsi dua hingga empat kali ukuran porsi yang disarankan," kata Gilbert, dikutip dari laman Express, Sabtu (18/6/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA