Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Logistik MXGP Samota Mulai Berdatangan di Bandara Lombok

Ahad 19 Jun 2022 05:50 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

MXGP (ilustrasi). Logistik untuk ajang Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar 24-26 Juni mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah.

MXGP (ilustrasi). Logistik untuk ajang Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar 24-26 Juni mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah.

Foto: EPA-EFE/Victor Lerena
Logistik MXGP yang datang itu terdiri dari motor dan alat-alat.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Logistik untuk ajang Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar 24-26 Juni mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah.

"Hari ini logistik MXGP mulai berdatangan. Logistik balap motor croos ini dibawa menggunakan tiga penerbangan," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan di Praya, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga

Logistik ajang MXGP tersebut dibawa menggunakan pesawat cargo jenis Boeing 737-300 Freighter dari Jakarta menuju Bandara Lombok, yang telah tiba pada pukul 16.00 Wita. Selanjutnya untuk kedatangan logistik kedua bakal tiba pukul 17.30 Wita dan satu pesawat cargo lainnya akan tiba pada Ahad 19 Juni sekitar pukul 08.00 Wita.

"Total logistik MXGP yang akan datang itu ada 54 pallet seberat 30 ton. Untuk penerbangan pertama ini sebanyak 9 pallet dengan berat 14 Ton. Logistik MXGP yang datang itu terdiri dari motor dan alat-alat kendaraan balap lainnya," kata Rahmat.

Setelah tiba di Bandara Lombok, logistik MXGP itu akan dibawa menggunakan 10 truk melalui jalur darat dan laut menuju Sumbawa.

Sementara itu, untuk para pebalap dan kru MXGP dijadwalkan datang mulai tanggal 23 Juni menggunakan pesawat chater flight melalui Bandara Lombok, baru kemudian mereka diberangkatkan menuju Bandara Sumbawa. "Total pebalap dan kru itu sebanyak 190 orang," kata Rahmat.

Sebelumnya, Panitia penyelenggara Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mendapatkan hadiah dari para Track Masters, yaitu perampungan lintasan (track) sirkuit sepekan lebih awal dari yang direncanakan. "Track sirkuit sudah rampung sepekan lebih awal dari yang direncanakan," kata Komandan Lapangan Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa Ridwansyah, melalui keterangan resmi di Mataram.

Ia menyebutkan lintasan sirkuit terdiri atas 18 tikungan dan 11 tantangan membentang sepanjang 1,8 kilometer. Sirkuit MXGP Samota menawarkan kontur berbukit dan pemandangan (landscape) yang indah seputar 360 derajat mata memandang. Laut Flores, Nusa Tenggara Timur nan tenang memagari utara sirkuit, dan Pulau Moyo, Sumbawa (NTB) mengintip cantik di sisi timur sirkuit.

"Jembatan Samota kokoh siap menyambut kehadiran para peserta dan tamu MXGP of Indonesia 2022 di ujung jalan menuju sirkuit," kata dia.

Penjualan tiket masuk harian sudah dimulai melalui pembelian online di tiket.com dengan harga mulai dari Rp 100 ribu untuk kelas festival hingga Rp 2,5 juta untuk fasilitas sky box yang berlokasi premium. Tiket yang dibeli harus ditukar dengan wristband sebagai alat akses masuk ke lokasi acara.

"Penukaran dijadwalkan pada 22-26 Juni 2022 di Gedung Olah Raga (GOR) Mampis Rungan, Sumbawa Besar," kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA