Sabtu 18 Jun 2022 19:09 WIB

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Seseorang haruslah membangun jiwa sebagai pengusaha sukses.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Pengusaha Muslim/Ilustrasi
Foto: Blogspot.com
Pengusaha Muslim/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MALANG -- Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Widyagama (UWG) Malang, Ana Sopanah membagikan kiat menjadi pengusaha yang sukses dalam Pelatihan dan Edukasi Aplikasi Manajemen Laundry (Smartlink) di Malang pada Sabtu (18/6). Sebelum memulai usaha, menurut dia, seseorang haruslah membangun jiwa sebagai pengusaha sukses.

“Sebelum menjadi pengusaha, kita harus membangun kiat sebagai sosok pengusaha sukses," ujar Ana Sopanah dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (18/6). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, seorang pengusaha juga membutuhkan jiwa yang inovatif dan pantang menyerah. Untuk menjadi pengusaha sukses, menurut dia, seseorang harus mengembangkan ide kreatifnya. 

"Pengusaha sukses adalah pengusaha yang selalu punya ide untuk mengembangkan dirinya dengan kreativitas dan inovasi. Kreatif dari belum ada menjadi ada. Inovasi dari ada di kembangkan menjadi lebih baik,” ucap dia. 

Sementara itu, Kaprodi Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang, Zulkarnain dalam seminar tersebut menyampaikan materi legalitas usaha. Materi ini penting untuk membantu para pengusaha laundry dalam mengoperasikan bisnisnya secara hukum.

Kegiatan seminar dan pelatihan ini dipersembahkan oleh Ikatan Alumni Universitas Widyagama (Ikawiga) dan Smartlink. Sebanyak 50 Peserta antusias mengikuti kegiatan seminar. Para peserta yang hadir meliputi berbagai daerah di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Malang, Surabaya, Blitar, Kediri, Tulungagung, Jember.

Ketua Ikawiga, Mohamad Supriyadi menjelaskan, seminar ini akan berperan penting dalam kemajuan bisnis laundry. Selain itu, bisnis laundry menjadi peluang bagi masyarakat. Namun, dibutuhkan pula laundry dengan inovasi baru di era digital. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memiliki aplikasi pengelola laundry yang tepat.

“Laundry menjadi usaha yang sangat menjanjikan, Jangan menganggap remeh laundry. Banyak perusahaan besar di Indonesia yang ternyata memiliki usaha laundry,” kata Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Timur ini.

Seminar tersebut juga memberikan demo aplikasi dan praktik langsung aplikasi Smartlink. Para peserta memperoleh pelatihan cara mengoperasikan aplikasi Smartlink dan berkenalan dengan fitur yang disediakan oleh smartlink.

Smartlink sendiri merupakan perusahaan pengembang aplikasi laundry yang dirintis sejak tahun 2014 dan berkedudukan di kota Malang. Marketing Smartlink, Elvira Apriani menjelaskan tentang prospek usaha laundry dan masalah yang mungkin dihadapi oleh pengusaha laundry.

“Smartlink hadir untuk membantu pengusaha laundry dalam menyelesaikan masalah operasional laundry,” kata Elvira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement