Ahad 19 Jun 2022 00:16 WIB

Tim Kesehatan Siap Menyambut Jamaah Gelombang Dua Mendarat di Jeddah

Ada delapan kloter yang akan mendarat pertama di bandara Jeddah

Rep: Ali Yusuf/ Red: Gita Amanda
Calon jamaah haji  tiba di Bandara King Abdulaziz, (ilustrasi). Tim Kesehatan bersiap menyambut jamaah gelombang dua.
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Calon jamaah haji tiba di Bandara King Abdulaziz, (ilustrasi). Tim Kesehatan bersiap menyambut jamaah gelombang dua.

IHRAM.CO.ID, MADINA -- Hari Sabtu (18/6/2022), merupakan akhir kelompok terbang (kloter) gelombang satu terbang dari Tanah Air mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA). Sesuai jadwal masih ada tujuh kloter yang akan mendarat terakhir di AMAA.

"Kloter gelombang terakhir yang akan mendarat di AMAA adalah BTJ 4, JKG 23, UPG 2, BTH 4, SOC 21,JKS21, BDJ 5," kata Kepala Pos Kesehatan Bandara dr Agus Sultoni seperti dilaporkan Republika, Sabtu.

Baca Juga

Agus mengatakan, setelah kloter gelombang pertama selesai mendarat di AMAA pada Sabtu, Tim Kesehatan Bandara (TKB) dan Tim Promosi Kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi begeser ke Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah menyambut jamaah kloter pertama gelombang kedua pada Ahad (19/6/2022). Ada delapan kloter yang akan mendarat pertama di bandara Jeddah di antaranya JKG 24, KNO 8, BTJ 5, SOC 22, SUB 21, JKS 22, BTH 5 BTJ 6.

Agus mengatakan, tim kesehatan sudah mempersiapkan kedatangaan jamaah haji gelombang dua pada rencana awal pada Ahad 19 Juni 2022. Jamaah embarkasi KNO 8 akan mendarat pertama di bandara Jeddah pada pukul 05.05 waktu Arab Saudi.

"Tim Kesehatan Bandara telah mempersiapkan pos kesehatan di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz di Gate B diterminal haji antara ruang tunggu B1 dangan B2 ada pos kesehatan," katanya.

Agus memastikan, tim telah melakukan persiapan tiga hari sebelum kedatangan jamaah gelombang ke dua di Jeddah. Semua fasilitas sudah disiapkan menyambut jamaah haji gelombang kedua.

"Kesiapan dilakukan tiga hari yang lalu , melakukan survei tempat, mempersiapkan sarana dan prasarana pos kesehatan, mobil golf untuk transportasi jamaah haji sakit saat kedatangan nanti," katanya.

Agus menyampaikan, pos kesehatan tim kesehatan bandara dibekali beberapa alat-alat kerja di antarnya kesehatan mini ICU, dan kit emergency. Tenaga kesehatan untuk di bandara Jeddah, TKB mempunyai dua dokter spesialis, enam dokter umum, enam perawat, satu apoteker dan satu siskohatkes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement