Sabtu 18 Jun 2022 18:37 WIB

Mulai Kenalkan Zikir pada Anak Saat Berada di dalam Kandungan

Momentum tepat memperkenalkan zikir kepada anak saat berada di dalam kandungan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Belajar zikir untuk anak. Foto: Tahta Aidilla/Republika
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Belajar zikir untuk anak. Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Bahsul Masail PBNU KH Mahbub Maafi menjelaskan, zikir memiliki banyak manfaat. Salah satu momentum yang tepat dalam memperkenalkan zikir kepada anak adalah saat mereka berada di dalam kandungan atau rahim ibu.

"Biasanya itu bagus sekali kalau orang tua.Apalagi kalau bapaknya membacakan shalawat di depan perut si ibu yang mengandung,"kata Kiai Mahbub.

Baca Juga

Menurut Kiai Mahbub, membangun kepekaan anak terhadap asma Allah SWT memang harus diperkenalkan secara dini. Masa-masa ke hamilan menjadi salah satu masa emas dalam memberikan pendidikan Islami terhadap anak. Untuk itu, dia mengimbau kepada para ibu hamil dan suami yang mendampingi untuk senantiasa membasahi lidah dengan kata-kata yang baik (kalimat thayyibah) dengan memuji dan menyebut nama Allah SWT.

Sebab janin yang berada di dalam kandungan di usia kehamilan tertentu telah memiliki pendengaran yang sempurna. Untuk itu, dianjurkan bagi orang tua untuk memberikan pengajaran yang terbaik, salah satunya dengan membiasakan berzikir dengan suara yang cukup terdengar.

Selain itu, dia menekankan bahwa zikir sejatinya bisa menjadi hal yang disukai oleh anak.Asalkan, teladan mencintai zikir itu pun harus datang dan bermula dari orang tua itu sendiri.

Ustaz Adi Hidayat menambahkan, zikir sebaiknya tak hanya ditanamkan sebagai sebuah kebiasaan yang bersifat lisan. Lebih jauh dari itu, zikir dinilai harus dibiasakan untuk ditanamkan dari hati dan jiwa sedalam mung kin.

Dia menyebut, sebagai sebuah edukasi terhadap anak, zikir bisa diperkenalkan dengan cara-cara yang menarik yang lambat laun akan menjadi hal yang biasa dilakukan bagi mereka.Namun, seiring dengan beranjaknya usia, orang tua juga dianjurkan untuk memper kenalkan makna zikir secara mendalam kepada anak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement