Sabtu 18 Jun 2022 08:26 WIB

Waffle Hingga Pancake Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan, Ahli Jelaskan Mengapa

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan karena bisa menyebabkan peradangan,
Foto: Pixabay
Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan karena bisa menyebabkan peradangan,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan makanan sehari-hari akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal itu termasuk dalam pemilihan sarapan yang berperan dalam menentukan baik atau buruknya kesehatan.

Ahli Gastroenterologi Max Pitman MD mengatakan salah satu aspek utama kesehatan yang dipengaruhi oleh pola makan adalah peradangan. Ketika berbicara tentang kesehatan usus, peradangan kronis berkontribusi pada kondisi pencernaan seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn. 

Baca Juga

“Kue-kue sarapan seperti wafel, panekuk, muffin, croissant, dan biskuit mungkin lebih mudah disiapkan saat bepergian, tetapi itu dapat menyebabkan peradangan jika Anda sering memakannya, kata Dr Pitman, dikutip dari Livestrong, Sabtu (18/6/2022).

Mengonsumsi makanan tertentu yang membuang keseimbangan bakteri alami di saluran pencernaan pada gilirannya dapat memicu peradangan di seluruh tubuh, menurut International Journal of Environmental Research and Public Health. Berikut beberapa jenis sarapan yang harus dihindari.

 

1. Tinggi Karbohidrat Halus

Makanan tinggi serat dapat mendorong pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat dan membantu mengurangi peradangan, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Di sisi lain, sarapan berjenis kue-kue an biasanya rendah serat dan tinggi karbohidrat olahan. Hal itu diketahui mendorong pertumbuhan bakteri berbahaya dan menyebabkan peradangan, menurut Cleveland Clinic.

Itu karena ketika mengonsumsi karbohidrat olahan, gula darah melonjak secara dramatis, yang memicu respons peradangan dalam tubuh.

 

2. Banyak Lemak Jenuh

Kue-kue untuk sarapan sering kali dibuat dengan margarin dan bahan-bahan tinggi lemak lainnya. Bahkan, mungkin minyak terhidrogenasi (seperti kedelai terhidrogenasi atau minyak sawit) digunakan untuk banyak produk sarapan ini.

Sementara minyak terhidrogenasi dapat membantu produk makanan bertahan lebih lama, tapi tidak membantu kesehatan. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, jenis sarapan ini terkait dengan penyakit jantung dan peradangan.

Makan terlalu banyak lemak telah terbukti menyebabkan ketidakseimbangan pada bakteri usus, menurut penelitian Oktober 2016 di World Journal of Gastroenterology. Ketidakseimbangan ini dapat memicu peradangan.

 

3. Tinggi Gula Halus

Seperti karbohidrat olahan, mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, yang memicu peradangan, menurut Harvard Health Publishing.

"Banyak dari kue-kue sarapan ini menggunakan beberapa bentuk gula halus, seperti sirup jagung fruktosa tinggi," kata Dr Pitman. 

Mengonsumsinya dapat secara langsung menyebabkan peradangan di usus, atau masalah gula darah, yang kemudian dapat meningkatkan peradangan sistemik di seluruh tubuh.

Makan terlalu banyak gula telah terbukti menciptakan ketidakseimbangan bakteri usus, yang memicu jalur inflamasi tersebut, menurut ulasan Nutrients.

 

 

Lawan Peradangan

Salah satu cara untuk membantu menurunkan peradangan dalam tubuh adalah dengan makan lebih banyak asupan anti-inflamasi. Itu bisa didapat dRi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian hingga yogurt.

Dr Pitman menyarankan untuk beralih ke sarapan yang dibuat dengan bahan makanan segar seperti telur, alpukat, roti gandum atau oat untuk oatmeal yang bergizi. Hindari daging olahan seperti bacon, ham, dan sosis.

"Alpukat penuh dengan lemak omega-3 yang sehat untuk usus, yang bersifat anti-inflamasi," kata Amanda Sauceda, RD Ahli Diet yang mengkhususkan diri dalam kesehatan usus. 

Selain itu, alpukat kaya akan serat, yang dibutuhkan untuk kesehatan usus. Orang juga bisa menambahkan oatmeal dengan buah beri untuk manfaat anti-inflamasi. 

Oat tinggi serat untuk membantu menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan gula darah sambil memberi makan bakteri baik di usus Anda," kata Kelsey Sackmann RD. 

Berries dapat memberikan rasa manis tanpa banyak gula, dan memiliki anthocyanin gun mengurangi peradangan. Smoothie dengan buah beri dan campuran sayuran hijau, selai kacang, serta susu nabati membuat pilihan sarapan anti-inflamasi yang bagus berkat nutrisi sehatnya untuk usus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement