Sabtu 18 Jun 2022 07:58 WIB

Puluhan Siswa SD Salenggang Sukabumi Belajar di Mushala Khawatir Kelas Ambruk

4 ruangan kelas dari total 7 ruangan kelas kondisinya rusak berat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Puluhan Siswa SD Salenggang Sukabumi Belajar di Mushala Khawatir Kelas Ambruk (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Puluhan Siswa SD Salenggang Sukabumi Belajar di Mushala Khawatir Kelas Ambruk (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Puluhan pelajar di SD Negeri Salenggang, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terpaksa harus belajar di mushola dan sebagian lagi di rumah warga. 

Mereka harus belajar di luar kelas karena tidak adanya ruang kelas akibat 4 ruangan kelas dari total 7 ruangan kelas kondisinya rusak berat. 

Baca Juga

"Empat kelas lainnya rusak berat, atap - atap bolong dan kayu dari atap dan langit - langit sudah banyak yang jatuh ke dalam kelas, " ujar salah seorang guru bernama Dedeh dalam rilis tim Jabar Quick Response (JQR), Sabtu (18/6/2022).

Dedeh mengatakan, ia sudah mengabdi selama 9 tahun. Kondisi ruang kelas yang sudah rusak membuat ia sempat mengalami kejadian hampir tertimpa balok kayu dari atap kelas yang kondisinya telah rapuh. 

"Pernah mengalami kejadian hampir tertimpa balok kayu dari atap saat 2017. Semenjak itu guru - guru mulai menonaktifkan kelas yang sudah rusak dan memindahkan pengajaran di mushola dan rumah warga hingga saat ini, " papar Dedeh. 

Menurutnya, dengan total jumlah siswa dari kelas 1 SD sampai 6 SD sebanyak 121 siswa, para siswa hanya bisa menggunakan 3 kelas untuk belajar mengajar. Diantaranya hanya ruang siswa kelas 1, kelas 6, dan ruang guru. 

Sementara itu, Tim (JQR) mendapat pengaduan dibutuhkannya tenda darurat untuk belajar siswa. Pada tanggal 9 Juni 2022, tim JQR mengantarkan tenda darurat Eiger ukuran 12x6 untuk digunakan 2 kelas menjadi kelas darurat.

Selain mendirikan tenda kelas darurat, JQR juga memberikan bantuan seragam dari OneFineSky sebanyak 54 pcs. 

Menurut Divisi Kelembagaan dan Kemitraan Jabar Quick Response Dony Yanwar,  pihaknya berencana melakukan kolaborasi dengan lembaga lain untuk merenovasi sekolah-sekolah dengan kondisi yang sudah tak layak termasuk SD Negeri Salenggang.

Menurut Dony, selain SD Negeri Salenggang, ada 3 sekolah yang diberikan bantuan berupa satu set seragam untuk para siswanya yakni di SD Negeri Ciloma, SD Negeri Pamoyanan, SD Negeri 1 Cidahu. Selain itu pihaknya berencana memberikan bantuan perahu kesehatan untuk keperluan warga disana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement