Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Top Gun: Maverick Raih Rp 11 Triliun, Jadi Film Tersukses Tom Cruise

Sabtu 18 Jun 2022 06:51 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

'Top Gun: Maverick' jadi film tersukses Tom Cruise sepanjang karier.

'Top Gun: Maverick' jadi film tersukses Tom Cruise sepanjang karier.

Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
'Top Gun: Maverick' jadi film tersukses Tom Cruise sepanjang karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film “Top Gun: Maverick” telah meraih lebih dari 800 juta dolar AS atau sekitar Rp 11 triliun di box office global. Capain ini menuliskan sejarah baru sebagai film terlaris sepanjang karir Tom Cruise.

Dilansir dari Variety, Sabtu (18/6/2022), pendapatan “Top Gun: Maverick” telah melampaui capaian dari film “Mission: Impossible – Fallout” yang meraih 791,1 juta dolar AS secara global. Sementara sekuel Top Gun kini telah mengantongi 806,4 juta dolar AS, dengan 422,3 juta dolar AS berasal dari penonton domestic AS.

Baca Juga

Film arahan Joseph Kosinski ini memang banjir pujian dari penonton bahkan para kritikus film. Misalnya mereka memberikan peringkat “fresh” 97 persen di Rotten Tomatoes, dan memuji efek visualnya yang memukau serta perpaduan nostalgia yang cekatan dari film perdananya yang dirilis 36 tahun lalu. Hal inilah yang kemudian membuat film bisa dinikmati oleh generasi tua dan muda.

Berbicara soal plot, film “Top Gun: Maverick” berfokus pada kehidupan Kapten Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise) yang harus kembali ke akademik elit Top Gun untuk melatih para pilot muda dalam misi pemusnahan fasilitas nuklir sebuah negara. Misi ini membuat Maverick harus berhadapan dengan trauma terdalamnya di masa lalu: kehilangan sahabat sekaligus wingman, Nick "Goose" Bradshaw (Anthony Edwards).

Goose sendiri adalah karakter penting di film pertamanya, yang diceritakan tewas dalam sebuah kecelakaan ketika terbang bersama Maverick menggunakan pesawat A-4 Skyhawk. Saat mereka berdua mengaktifkan pelontar kursi karena mengalami kegagalan mesin, kepala Goose terbentur dan tewas seketika.

Trauma yang dirasa Maverick kian menjadi-jadi dengan kemunculan karakter Bradley "Rooster Bradshaw (Teller), yang merupakan anak dari karakter Nick "Goose" Bradshaw. Kehadiran karakter Rooster menciptakan elemen drama menjadi lebih menarik.

Selain Cruise, film ini juga dibintangi Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm, Glen Powell, Ed Harris hingga Val Kilmer. Rilis "Top Gun: Maverick" sempat tertunda beberapa kali karena pandemi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA