Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Sering Insomnia? Coba Lima Hal Ini untuk Mengatasinya

Sabtu 18 Jun 2022 06:47 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah

Sering Insomnia? Coba Lima Hal Ini untuk Mengatasinya

Sering Insomnia? Coba Lima Hal Ini untuk Mengatasinya

Foto: www.freepik.com.
Tidur memainkan peran penting dalam mengatur fungsi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur. Di Indonesia, prevalensi penderita insomnia diperkirakan mencapai 10 persen yang artinya dari total 238 juta penduduk Indonesia sekitar 23 juta jiwa di antaranya menderita insomnia.

Padahal, tidur memainkan peran penting dalam mengatur fungsi tubuh. Karena itulah, para ahli merekomendasikan setidaknya enam hingga delapan jam tidur tanpa gangguan setiap harinya. Sebagai solusi, berikut berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, seperti dilansir dari Times Now News, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga

1. Olahraga

Olahraga tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Kesehatan fisik yang baik secara langsung berkontribusi pada tidur karena tubuh membutuhkan istirahat untuk mengurangi gejala seperti kelelahan, kecemasan, dan depresi.

2. Menghindari alkohol dan kafein

Kafein adalah zat yang dapat bertahan lama di tubuh setelah Anda mengonsumsinya. Bagi penderita insomnia, sebaiknya hindari konsumsi kafein sebanyak mungkin dan jangan mengonsumsinya di sore dan malam hari. Alkohol juga mempengaruhi tidur karena meskipun dapat membuat Anda mengantuk, alkohol menghalangi tidur REM sehingga kualitas tidur akan terganggu.

3. Tetapkan jadwal tidur

Menetapkan jadwal yang konsisten untuk tidur dan bangun dapat sangat membantu dalam mengatur siklus tidur dengan membiarkan tubuh Anda menjalani rutinitas.

4. Diet

Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang yang dapat membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan juga dapat menunjang kualitas tidur.

5. Konsultasi ke ahli

Ketika semua cara di atas gagal, Anda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah insomnia semakin parah dan mengganggu kesejahteraan hidup Anda. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah melalui penggunaan obat yang diresepkan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA