Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Jababeka Fasilitasi Pengembangan Implementasi Industri 4.0

Jumat 17 Jun 2022 21:29 WIB

Rep: Novita Intan / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Dukung percepatan Industri 4.0 di kawasan industri, PT Jababeka Tbk melalui Fablab Jababeka yang diinisiasi oleh anak perusahaannya PT Jababeka Infrastruktur bersama dengan President University turut menghadiri kunjungan kerja Presiden Jerman pada German-Indonesia Business Round Table Meeting di PIDI 4.0, Permata Hijau-Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Dukung percepatan Industri 4.0 di kawasan industri, PT Jababeka Tbk melalui Fablab Jababeka yang diinisiasi oleh anak perusahaannya PT Jababeka Infrastruktur bersama dengan President University turut menghadiri kunjungan kerja Presiden Jerman pada German-Indonesia Business Round Table Meeting di PIDI 4.0, Permata Hijau-Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Foto: dok jababeka
Fablab Jababeka jadi satu-satunya kawasan industri yang bermitra dengan PIDI 4.0

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukung percepatan Industri 4.0 di kawasan industri, PT Jababeka Tbk melalui Fablab Jababeka yang diinisiasi oleh anak perusahaannya PT Jababeka Infrastruktur bersama dengan President University turut menghadiri kunjungan kerja Presiden Jerman pada German-Indonesia Business Round Table Meeting di PIDI 4.0, Permata Hijau-Jakarta, Kamis (16/6/2022).

PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri Indonesia 4.0) merupakan fasilitas pengembangan implementasi Industri 4.0 yang dibangun oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Dalam pertemuan bisnis antara Indonesia dan Jerman merupakan rangkaian agenda kunjungan dari Presiden Republik Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia pada 15- 17 Juni 2022. 

Dalam pertemuan bisnis tersebut, PT Jababeka Infrastruktur sebagai salah satu pengelola kawasan industri terbesar di Indonesia, merupakan satu-satunya mitra kerja PIDI 4.0 dari kawasan industri yang turut serta dalam kegiatan ini.

Managing Director Jababeka Infrastruktur, Agung Wicaksono, mengatakan, kehadiran tersebut merupakan wujud dari komitmen Jababeka mendukung percepatan Industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka - Cikarang melalui Fablab Jababeka.

Fablab Jababeka adalah salah satu fasilitas yang berada di Kawasan Industri Jababeka, ditujukan sebagai pusat inovasi, pengembangan kompetensi dan purwarupa berbagai produk terkait implementasi Industri 4.0. Fablab Jababeka telah dikembangkan sesuai dengan tujuan PIDI 4.0 yang mencakup lima pilar yaitu showcase, capability, delivery, engineering, dan ecosystem.

“Sehingga menjadikan Fablab Jababeka sebagai satellite dari PIDI 4.0 yang berlokasi di kawasan industri,” ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Agung berharap adanya fasilitas Fablab Jababeka, dapat turut serta membantu tenant-tenant industri untuk melakukan transformasi digital mendukung percepatan Industri 4.0 termasuk puluhan perusahaan Jerman dalam Kawasan Industri Jababeka yang bergerak bidang chemical, fashion, precision cutting tools dan construction technology. Pada pertemuan bisnis itu, Agung berkesempatan memaparkan bagaimana peran Jababeka turut serta membantu percepatan Industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka.

“Saat ini, Jababeka Group sedang mengimplementasikan Industri 4.0 dalam proses bisnis yang dilakukan, serta mendorong para tenant industri yang berada di Kawasan Industri Jababeka melakukan adaptasi tersebut. Sehingga, harapannya, bisa meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan dalam memenangkan persaingan secara regional maupun global,” ucapnya.

Sementara itu Direktur PIDI 4.0, Tirta Wisnu Permana menambahkan kerja sama strategis antara Jababeka melalui Fablab Jababeka dengan PIDI 4.0 sebagai PIDI 4.0 satellite akan menjadi sarana bagi pelaku industri di Indonesia, khususnya yang ada di Kawasan Industri Jababeka. Tujuannya, guna mengakselerasi transformasi Industri 4.0 seperti yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo: Making Indonesia 4.0.

Sebagai PIDI 4.0 satellite, Fablab Jababeka berperan sebagai fasilitator untuk mendukung para tenant di Kawasan Industri Jababeka dengan adanya kolaborasi pentahelix antara pemerintah, swasta, akademis, masyarakat dan media.

Saat ini Fablab Jababeka telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan nasional maupun multinasional untuk dapat membantu percepatan Industri 4.0 dengan menyediakan solusi terkait Industri 4.0 dalam aktivitas showcase.

Dalam waktu dekat, Agung menyebut Fablab Jababeka akan menyelenggarakan Hackathon sebagai wadah berkumpulnya talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia untuk menyelesaikan beberapa topik yang menjadi issue yang pada proses produksi di beberapa perusahaan mitra dalam sebuah kompetisi.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan menginisiasi terbentuknya start up-start up baru bidang teknologi sebagai bentuk komitmen Jababeka untuk mengembangkan ekosistem Industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka dan seluruh Indonesia,” ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA