Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Polresta Banyumas dan UMP Sediakan 2000 Vaksin Booster

Jumat 17 Jun 2022 19:30 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

 Kapolresta Banyumas dan Rektor UMP memantau pelaksanaan vaksinasi di Auditorium Ukhuwah Islamiyyah UMP, Jumat (17/6/22).

Kapolresta Banyumas dan Rektor UMP memantau pelaksanaan vaksinasi di Auditorium Ukhuwah Islamiyyah UMP, Jumat (17/6/22).

Foto: Republika/Idealisa masyrafina
Pelaksanaan vaksinasi di UMP bagi mahasiswa yang akan mengikuti belajar tatap muka

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Polresta Banyumas dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyediakan 2000 vaksin Covid-19 untuk masyarakat dan mahasiswa dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di UMP menyasar mahasiswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka. "Hari ini di UMP melaksanakan vaksinasi untuk mahasiswa dan masyarakat dengan total 2000 vaksin. Sasaran kita mahasiswa agar ketika melaksanakan perkuliahan menjadi lebih sehat," ujar Kapolresta Banyumas dalam kegiatan vaksinasi di Auditorium Ukhuwah Islamiyyah UMP, Purwokerto, Jumat (17/6/22).

Baca Juga

Menurut Kapolresta, vaksinasi  dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 telah dilaksanakan sejak 7 Juni 2022 lalu. Per Jumat (17/6/22), jumlah vaksinasi sudah mencapai sekitar 24.550 orang. Kegiatan ini dilaksanakan serentak dengan Polsek, kecamatan dan Koramil, yang menjemput warga untuk booster di puskesmas.

"Kita sudah laksanakan tiga kali dengan UMP, dan juga universitas lain. Ada tiga jenis vaksin, sasarannya booster tapi bisa juga untuk dosis 1 dan 2," jelas Kapolresta.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso menambahkan bahwa vaksin booster merupakan salah satu syarat untuk perkuliahan di UMP. Bahkan merupakan salah satu syarat mendaftar perkuliahan di UMP. Untuk yang belum, akan difasilitasi vaksinasi di kampus melalui acara vaksinasi semacam ini.

"Saat pembelajaran tatap muka harus vaksin booster. Saat ini booster mahasiswa UMP sudah mencapai 70 persen," ujar Dr Jebul Suroso.

Menurutnya, ini merupakan syarat dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang selaras dengan kebijakan pemerintah. Tidak hanya kepada mahasiswa, vaksinasi yang telah beberapa kali dilaksanakan di UMP juga menyasar masyarakat sekitar kampus.

Saat ini capaian vaksinasi Banyumas yaitu dosis 1 melampaui 100 persen, dosis 2 sudah melebihi 80 persen dan dosis 3 sebesar 31 persen. Sedangkan status PPKM Kabupaten Banyumas berada di level 1. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA