Jumat 17 Jun 2022 18:07 WIB

Personel SAR Disiagakan dalam Kegiatan Susi Air Jamboree Aviation

Personel disiapkan untuk merespon cepat jika terjadi kedaruratan selama kegiatan.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Kepala Basarnas dan Susi Pudjiastuti dalam event Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 yang berlangsung di Taman Dirgantara Susi
Foto: Basarnas
Kepala Basarnas dan Susi Pudjiastuti dalam event Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 yang berlangsung di Taman Dirgantara Susi

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) turut berpartisipasi pada kegiatan Susi Air Jamboree Aviation 2022 yang berlangsung di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, pada Jumat (16/7/2022) hingga Ahad (19/6/2022). Para personel disiapkan untuk merespon cepat jika terjadi kedaruratan selama kegiatan berlangsung.

Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi mengatakan, selain menyiagakan personel, pihaknya juga mengerahkan helikopter Doulphin HR-3606, jet ski, rescue car, dan berbagai peralatan SAR lainnya, di area jambore. Selain siaga SAR, Basarnas juga melakukan simulasi evakuasi medis udara dan pameran peralatan SAR.

"Selain itu, kami juga melaksanakan pembinaan potensi SAR dengan pelatihan water rescue di Pantai Pangandaran dan rapat Forum Koordinasi Potensi SAR wilayah kerja Kantor SAR Bandung," kata Henri melalui keterangan resmi, Jumat (17/6/2022).

Dia menyebutkan, kegiatan jambore itu dihadiri oleh para pecinta kedirgantaraan nusantara dan diikuti puluhan pesawat. Terdapat berbagai agenda dalam kegiatan itu. Beberapa di antaranya adalah aksi bersih-bersih pantai, penerbangan joy flight dengan mengajak warga sekitar terbang menggunakan pesawat Susi Air, akrobat udara oleh peserta jambore, skydivers, dan demo evakuasi medis udara oleh Basarnas.

Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation, Susi Pudjiastuti, mengatakan, jambore itu dilaksanakan untuk menjadi media mendekatkan kedirgantaraan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memfasilitasi hopi pegiat dirgantara.

Menurut dia, kedirgantaraan sangat releven untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang identik dengan negara kepulauan. "Indonesia ini sangat indah jika melihatnya dari atas," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement