Jumat 17 Jun 2022 16:46 WIB

Joko Anwar Buat Pengabdi Setan dalam Beberapa Chapter

'Pengabdi Setan' memang sudah direncanakan dibuat dalam beberapa chapter.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Rumah tua yang merupakan lokasi syuting Film Pengabdi Setan di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Foto: Novrian Arbi/Antara
Rumah tua yang merupakan lokasi syuting Film Pengabdi Setan di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trailer Pengabdi Setan 2: Communion sudah rilis, dan film akan tayang pada 4 Agustus 2022 mendatang. Sutradara Joko Anwar mengatakan bahwa ia telah merencanakan chapter lanjutan dari rangkaian Pengabdi Setan.

“Film pertama berisi cerita yang memang belum selesai, dan memang kami rencanakan dari awal untuk dibuat beberapa chapter,” ujar Joko dalam perilisan trailer Pengabdi Setan 2: Communion di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Meskipun jarak dengan film pertama cukup lama, yakni lima tahun, film ini sebenarnya sudah diproduksi selama hampir dua tahun. Mereka melakukan syuting saat pandemi sedang melanda dunia, sehingga ada tantangan tersendiri.

“Jaraknya memang cukup lama. Kalaupun tidak pandemi, kami memang tidak merencanakan langsung rilis. Karena kami ingin membuat film yang sudah terencana dan memuaskan teman-teman semua,” papar Joko lagi.

Ia juga mengeksplorasi teknis dan estetika dalam sekuel ini, bahkan ia ingin para penonton merasa fun saat menonton meskipun film bergenre horor. Apalagi latar yang diambil adalah rumah susun (rusun), banyak tempat yang bisa dijadikan semacam ‘wahana’.

“Film ini memang dibuat untuk dinikmati di cinema. Dan filmnya nggak cuma seram, tapi kita juga mau menciptakan suasana yang mengasyikan, fun, seru, menegangkan, dan bisa dinikmati semua orang,” kata Joko.

Selain lokasi syuting yang baru, para pemainnya pun juga ada yang baru, seperti Jourdy Pranata, Ratu Felisha, dan masih banyak lagi. Pemakaian CGI juga sangat halus, sehingga penonton tidak akan menyadarinya mana yang CGI dan real.

“Sebuah kehormatan, bisa bergabung di film favorit bersama sutradara favorit. Aku di sini jadi penghuni rusun dan aku memang pernah tinggal di rusun. Nanti juga ada beberapa karakter penghuni rusun, jadi aku dijelasin dan sebagainya,” kata Jourdy dalam kesempatan yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement