Jumat 17 Jun 2022 13:39 WIB

Stablecoin Denominasi Euro Segera Dirilis

Stablecoin denominasi euro ini dikenal sebagai Euro Coin.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
 Sejumlah mata uang kripto di dunia.
Foto: EPA
Sejumlah mata uang kripto di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-- Perusahaan Cryptocurrency Circle berencana mengeluarkan cryptocurrency pertama dalam denominasi euro, stablecoin yang dikenal sebagai Euro Coin.

Seperti dilansir dari laman AP, Jumat (17/6/2022) ini akan menjadi stablecoin pertama dalam euro, mata uang cadangan terpenting kedua di dunia setelah dolar AS. Hal ini didukung oleh pemain besar industri dan berpotensi menjadi saluran utama untuk memindahkan cryptocurrency ke seluruh Eropa.

Baca Juga

Stablecoin, yang berarti didukung oleh aset keras, diluncurkan pada saat penurunan besar dalam nilai mata uang kripto seperti bitcoin, yang telah menyebabkan perusahaan kripto gagal dan menghapus miliaran dolar kekayaan digital. Hal itu telah menyebabkan seruan peraturan pemerintah, yang hampir disetujui oleh Uni Eropa.

Circle memiliki dan mengoperasikan USD Coin, stablecoin paling populer kedua di industri ini, dengan lebih dari 54 miliar dolar AS tersimpan koin itu. Yang paling populer adalah Tether, yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 70 miliar dolar AS.

Stablecoin telah menjadi bagian yang semakin penting dari pasar cryptocurrency, bertindak sebagai jembatan antara layanan keuangan tradisional seperti bank dan mereka yang ingin berinvestasi atau meminjamkan bitcoin atau ethereum. Mereka biasanya didukung oleh aset keras, seperti uang tunai, emas atau obligasi pemerintah yang aman dan biasanya dihargai sebagai satu koin untuk satu unit jenis mata uang tertentu.

USDC didukung satu untuk satu oleh uang tunai dan Treasurys jangka pendek. Euro Coin yang baru akan didukung sepenuhnya oleh euro yang disimpan di rekening bank berdenominasi euro, kata Circle.

Perusahaan meluncurkan Euro Coin di tengah gejolak untuk cryptocurrency. Stablecoin terbesar ketiga, Terra, runtuh pada bulan Mei dalam hitungan hari. Terra tidak didukung oleh aset keras, seperti Tether atau USDC, dan sebaliknya mengandalkan algoritme untuk mempertahankan nilai 1 dolar AS.

Perusahaan Celsius, dengan deposit lebih dari 10 miliar dolar AS, secara efektif gagal minggu ini, dan simpanan pelanggan telah dikunci di akun perusahaan tanpa jadwal kapan, atau jika, pelanggan akan mendapatkan kembali dana mereka.

USDC Circle telah menjadi tempat populer bagi investor cryptocurrency untuk memindahkan investasi mereka selama gejolak. Jumlah total USDC yang beredar telah meningkat dari 49 miliar dolar AS pada awal Mei menjadi lebih dari 54 miliar dolar AS pada minggu ini, menurut Coinmarketcap.com. Pada saat yang sama, sirkulasi Tether telah menurun dari 83 miliar dolar AS menjadi sekitar 71,5 miliar dolar AS. 

“Ini sebenarnya, dalam beberapa hal, ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan produk. Gejolak pasar telah menjadi katalis yang sangat positif untuk USDC. Ini telah menjadi penerbangan ke tempat yang aman untuk crypto,” CEO dan salah satu pendiri Circle Jeremy Allaire.

Euro Coin Circle akan dapat diperdagangkan di beberapa bursa kripto utama, termasuk Binance, mulai 30 Juni. Uni Eropa telah mengerjakan peraturan untuk cryptocurrency dan aset crypto lainnya seperti stablecoin.

Komisaris blok layanan keuangan dan stabilitas, Mairead McGuinness, mengatakan pada hari Rabu bahwa kecelakaan Terra dan masalah Celsius menyoroti perlunya aturan kripto. Mereka juga diperlukan untuk membantu menegakkan sanksi Barat terhadap Rusia di tengah kekhawatiran bahwa cryptocurrency dapat digunakan untuk menghindarinya, katanya.

“Aturan UE akan menjadi alat yang tepat untuk mengatasi kekhawatiran tentang perlindungan konsumen, integritas pasar, dan stabilitas keuangan,” katanya.

Peraturan tersebut mencakup langkah-langkah untuk mengatasi manipulasi pasar dan mencegah pencucian uang, pendanaan teroris dan kegiatan kriminal lainnya. Mereka juga berisi persyaratan untuk menjelaskan dengan jelas risiko dan biaya bagi konsumen.

Anggota parlemen Uni Eropa telah menyusun undang-undang yang diusulkan yang membutuhkan persetujuan dari Parlemen blok dan 27 negara anggota, yang diharapkan segera. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement