Jumat 17 Jun 2022 11:53 WIB

Elon Musk Dituntut Rp 3.820,4 Triliun karena Dogecoin

Investor Dogecoin menuduh Musk menjalankan skema piramida untuk mendukung uang kripto

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Bos Tesla Elon Musk dituntut oleh investor Dogecoin.
Foto: EPA
Bos Tesla Elon Musk dituntut oleh investor Dogecoin.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk digugat 258 miliar dolar AS atau Rp 3.820,4 triliun pada hari Kamis (16/6/2022) oleh seorang investor Dogecoin yang menuduhnya menjalankan skema piramida untuk mendukung cryptocurrency. Dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di Manhattan AS, penggugat Keith Johnson menuduh Musk melakukan pemerasan.

Ia menyebut Musk menggembar-gemborkan Dogecoin agar menaikkan harganya hanya untuk membuat harga jatuh. Dalam berkas pengaduan, terdakwa disebut sadar sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai tapi mempromosikannya untuk mendapat untung dari perdagangannya.

"Musk menggunakan citranya sebagai orang terkaya di dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk keuntungan, eksposur, dan hiburan," katanya dilansir Reuters.

Keluhan tersebut juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan lainnya yang mempertanyakan nilai cryptocurrency. Tesla, SpaceX, dan pengacara Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Seorang pengacara untuk Johnson tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bukti spesifik apa yang dimiliki atau diharapkan kliennya. Bukti itu seharusnya membuktikan bahwa Dogecoin tidak berharga dan para terdakwa menjalankan skema piramida.

Johnson meminta ganti rugi sebesar 86 miliar dolar AS, mewakili penurunan nilai pasar Dogecoin sejak Mei 2021, dan menginginkannya tiga kali lipat. Dia juga ingin memblokir Musk dan perusahaannya dari mempromosikan Dogecoin.

Selain itu, ia menuntut hakim untuk menyatakan bahwa perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York. Keluhan tersebut mengatakan aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC "Saturday Night Live".

Musk juga dituduh menggunakan ahli keuangan fiktif pada segmen "Weekend Update" yang disebut Dogecoin adalah "hustle". Tesla pada Februari 2021, mengatakan telah membeli 1,5 miliar dolar AS bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan. Dogecoin diperdagangkan sekitar 5,8 sen pada hari Kamis, turun dari puncak Mei 2021 sekitar 74 sen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement