Kamis 16 Jun 2022 23:37 WIB

Wali Kota Probolinggo Minta JCH Khusyuk Beribadah dan Jaga Kesehatan

Warga yang belum dapat melaksanakan ibadah haji, semoga mendapat kesempatan.

Wali Kota Probolinggo Minta JCH Khusyuk Beribadah dan Jaga Kesehatan (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Wali Kota Probolinggo Minta JCH Khusyuk Beribadah dan Jaga Kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PROBOLINGGO -- Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin meminta jamaah calon haji (JCH) khusyuk beribadah dan selalu menjaga kesehatan selama menjalankan rukun Islam kelima itu di Tanah Suci.

Sebanyak 87 JCH asal Kota Probolinggo terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) gabungan dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Sampang, Gresik, dan Kota Batu diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

"Niatkan dalam hati, betul-betul untuk ibadah dan jangan memikirkan oleh-oleh," katanya saat melepas JCH di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo.

Ia juga berpesan agar para jamaah calon haji bisa menjaga kesehatan saat menunaikan ibadah haji di Mekkah. Ia mengakui hal itu penting untuk diperhatikan JCH mengingat cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

 

"Jaga kesehatan baik fisik maupun mental, serta cepat beradaptasi dengan lingkungan karena di sana iklimnya berbeda dengan Indonesia. Jaga etika, citra dan kepribadian bangsa karena kita dikenal mempunyai akhlak dan budi pekerti yang luhur," katanya.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin yang biasa dipanggil Habib Hadi itu, mengucap syukur atas dibukanya kuota haji tahun ini setelah dua tahun lamanya tertunda karena pandemi COVID-19. "Setelah dua tahun mengalami ujian yang begitu berat adanya pandemi, sehingga keberangkatan ibadah haji tertunda. Alhamdulillah tahun ini sudah mulai terlaksana," katanya.

Ia juga menyampaikan pesan kepada JCH hendaknya sesampai di Tanah Suci, menjadi tamu Allah yang baik, ibadah dengan khusyuk, sabar, dan tawakal. "Serta tuntunan dan bimbingan ketika manasik haji yang telah diberikan sebelumnya menjadi pedoman agar syarat rukun dan wajib haji berjalan lancar sesuai ketentuan syariat agama," ujarnya.

Ia juga berpesan agar pada saat berada di Tanah Suci mereka bersama-sama mendoakan negara Indonesia, menjadi negara yang aman, tenteram dan damai, serta selalu dalam lindungan Allah SWT. "Untuk warga yang belum dapat melaksanakan ibadah haji, semoga mendapat kesempatan dan kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji di tahun-tahun mendatang," katanya.

Tangis haru keluarga pecah saat JCH akan berangkat dari halaman Kantor Wali Kota Probolinggo menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, setelah mendapatkan pembekalan di gedung Puri Manggala Bhakti.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement