Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

BTS Tegas Bantah Grup tidak Bubar, Anggota Hanya Ingin Fokus Solo Karier

Jumat 17 Jun 2022 01:45 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

BTS hanya beristirahat dari aktivitas grup dan fokus solo karier.

BTS hanya beristirahat dari aktivitas grup dan fokus solo karier.

Foto: AP
BTS hanya beristirahat dari aktivitas grup dan fokus solo karier.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Supergrup K-pop BTS dengan tegas membantah desas-desus bahwa grup tersebut bubar. Klarifikasi ini diberikan menyusul pengumuman penghentian aktivitas grup baru-baru ini. 

“Kami akan mencoba untuk menunjukkan penampilan yang baik, baik sebagai tim atau individu," kata leader BTS, RM, dalam sebuah unggahan di laman komunitas penggemar Weverse dilansir Yonhap, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Rapper bernama Kim Nam-joon itu menceritakan bahwa dirinya menerima panggilan telepon paling banyak dalam sembilan tahun kariernya sejak BTS mengumumkan rencananya untuk beristirahat dari kegiatan grup. Mereka ingin lebih fokus pada proyek solo.

Pengumuman yang tiba-tiba itu mengejutkan penggemar dan media berita, baik di dalam maupun di luar negeri. Ini juga menimbulkan spekulasi bahwa hiatus secara praktis berarti tidak akan ada lagi kegiatan grup, atau grup akan dibubarkan. Pasalnya, tujuh anggota akan menjalani wajib militer satu demi satu mulai tahun ini. 

"Mereka memasukkan banyak kata kunci sensasional seperti 'pembubaran' atau 'menghentikan aktivitas.’ Bukannya saya tidak tahu ini akan terjadi atau saya tidak mempersiapkannya, tetapi saya merasa pahit,” ujar RM.

Pernyataannya datang sehari setelah Hybe, perusahaan K-pop di belakang BTS, menyangkal rumor tentang pembubaran grup dalam surat elektronik (surel). Hybe mengatakan BTS tidak mempertimbangkan untuk membubarkan atau mengambil langkah ke arah itu.

Anggota termuda BTS, Jungkook, juga membantah rumor tersebut dalam video V Live pada Rabu (15/6/2022) malam. 

“Ada banyak keributan bahwa kami menangguhkan atau menghentikan kegiatan kami, tetapi saya pikir saya perlu sedikit memperbaiki ini," kata dia. 

Ia menambahkan bahwa BTS masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan sebagai sebuah grup. Dia menjelaskan bahwa BTS akan melakukan kegiatan individu, tetapi tidak pernah mengatakan grup beranggotakan tujuh orang itu akan berhenti bekerja sama sebagai kelompok. 

“Kami tidak punya niat untuk berhenti dan masih memiliki banyak rencana grup yang tersisa. BTS akan selamanya,” ujar Jungkook.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA