Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Pemkot Tangsel Ingin Bangun Smart City, Nanotech Siap Dukung

Kamis 16 Jun 2022 20:28 WIB

Red: Hiru Muhammad

Untuk mewujudkan ambisi Pemkot Tangsel, PT Nanotech Indonesia Global Tbk, yang bergerak di bidang layanan teknologi digital siap bermitra dengan Pemkot Tangsel.

Untuk mewujudkan ambisi Pemkot Tangsel, PT Nanotech Indonesia Global Tbk, yang bergerak di bidang layanan teknologi digital siap bermitra dengan Pemkot Tangsel.

Foto: istimewa
Nano telah memiliki teknologi digital yang dapat digunakan perangkat desa hingga kota

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kota Tangerang Selatan tampaknya tak mau kalah dengan kota lain yang sibuk mempercantik diri menjadi smart city. Untuk mewujudkan ambisi tersebut, PT Nanotech Indonesia Global Tbk, yang bergerak di bidang layanan teknologi digital siap bermitra dengan Pemkot Tangsel.  Emiten berkode saham Nano itu menyiapkan sejumlah teknologi dan digital platform bagi masyarakat Tangsel.

“Kami siapkan teknologi dan platform digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat dari tingkat desa hingga kota Tangsel,” kata Nurul Taufiqu Rochman, pendiri sekaligus komisaris utama PT Nanotech Indonesia Global Tbk, dalam keterangan tertulisnya Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Temuan nanoteknologi dan paten yang dimiliki Nano, dapat dimanfaatkan  pemerintah daerah (pemda) guna mewujudkan smart city.  “Contohnya, kami punya paten untuk paving block berpori yang mampu menyerap air sehingga sudut-sudut kota tidak tergenang saat diguyur hujan,” tutur Nurul.

Pihaknya juga memiliki teknologi smart home yang dapat dimanfaatkan  ASN Pemkot Tangsel maupun milenial di Tangsel. Smart home tersebut, di antaranya adalah teknologi pintu otomatis, surya panel, CCTV, dan USB. Selain itu, menggunakan smart material yang antara lain memanfaatkan cat anti nyamuk serta paving block berpori. “Kami juga memiliki konsep smart design sehingga milenial bisa mendesain sendiri rumahnya. Harga rumahnya juga tidak mahal, terjangkau masyarakat karena tekonologinya kami buat sendiri,” kata Nurul.

Menurut Nurul, teknologi lain yang dapat dikolaborasikan dengan Pemkot Tangsel adalah nano bubble untuk pembudidayaan ikan. Pemanfaatan nano bubble akan membuat panen ikan lebih baik.“Kami juga punya teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kemasan produk makanan para UMKM di Tangsel. Teknologi ini memungkinkan makanan tahan lama sehingga bisa untuk pengiriman jarak jauh,” ujar Nurul.

Dari sisi platform digital, Nano juga sudah menyiapkan perangkat dan teknologinya. Teknologi ini dapat dimanfaatkan dari tingkat perangkat desa hingga kota.

Pemkot Tangsel sebelumnya sedang mengkaji upaya pengembangan kota ke arah smart city, seperti penggunaan jaringan 5G dan nanoteknologi. Diharapkan penggunaan teknologi canggih dapat meningkatkan kinerja layanan pemkot dan ekonomi masyarakat Tangsel. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA