Kamis 16 Jun 2022 19:31 WIB

Gedung dan Patung Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi Diresmikan

Megawati Soekarnoputri hadir di acara peresmian itu secara daring.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Ketua DPR Puan Maharani meresmikan gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarso di area Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).
Foto: istimewa
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Ketua DPR Puan Maharani meresmikan gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarso di area Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Ketua DPR Puan Maharani meresmikan gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarso di area Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022).

Marsekal Fadjar dan Puan Maharani, menandai peresmian itu dengan pengguntingan pita serta pembukaan selubung penutup patung Surindro, bersama dua putra Surindro, Muhammad Rizki Pratama serta Muhammad Prananda Prabowo.

Baca Juga

Surindro adalah seorang penerbang pesawat tempur TNI AU yang hilang dalam misi latihan di Biak, pada tahun 1971. Surindro beristrikan Megawati Soekarnoputri, Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan. 

Megawati Soekarnoputri hadir di acara peresmian itu secara daring. Sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan hadir. Yakni Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto, Sadarestuwati, Mayjen (Purn) TNI Tubagus Hasanuddin, Indah Kurnia, Johan Budi SP, Irene Roba, dan Puti Guntur Soekarno.

Sebelum prosesi peresmian, dibacakan sejarah hidup Surindro Supjarso, serta penuturan sejumlah mantan rekannya di TNI AU semasa bertugas, yang masih hidup sampai saat ini.

Marsekal Fadjar dalam sambutannya mengatakan, TNI AU sangat mengapresiasi jasa Surindro. 

“Atas nama TNI AU kami ingin mengabadikan nama bapak Kapten Penerbang Surindro Supjarso sebagai nama gedung ini. Hal tersebut sebagai wujud rasa hormat kami, rasa bangga kami, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas darma bakti beliau bagi Tanah Air dan angkasa Indonesia,” kata Marsekal Fadjar.

“Semoga gedung ini dapat menginspirasi kami para generasi penerus untuk menimba ilmu pengetahuan udara modern,” tambahnya.

KASAU juga mengutip pernyataan Proklamator RI Soekarno, yang pernah berbicara tentang pentingnya Indonesia menguasai sektor udara menghadapi perang modern. 

"Beliau menyampaikan, kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatan nasional di udara faktor yang menentukan dalam perang modern," ujar Marsekal Fadjar.

"Apa yang beliau sampaikan sangat tepat dan nyata. Kekuatan udara adalah kemampuan yang strategis dan harus dimiliki sebuah bangsa," ungkap Fadjar. 

Sementara Puan Maharani, sebagai Ketua DPR, menandatangani prasasti peresmian sekaligus memberi pidato. Dalam pidatonya, selain menguvapkan terima kasih kepada TNI AU, juga menyebutkan bahwa penghargaan tersebut sangat pantas.

Puan menyinggung tentang perlunya keseimbangan negara memperkuat militer di Indonesia.Cucu Proklamator RI Sukarno atau Bung Karno itu menyebut Indonesia tidak hanya memperkuat alutsista militer di Angkatan Darat  dan Udara saja. 

"Saya mengatakan, kalau di darat kuat, di udara lemah, mau apa. Terus kalau di darat dan udara kuat, tetapi di laut lemah, buat apa juga? Makanya harus seimbang," ungkap Puan.

Secara khusus, Puan menyampaikan salam dari Megawati kepada para sesepuh dan Ibu-Ibu istri mantan personel Skuadron 41 dan 42 yang pernah bersama-sama bertugas dan berinteraksi bersama Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso dan Ibu Megawati.

“Ibu Mega meminta maaf karena tidak dapat hadir langsung dalam acara ini untuk bersilahturahmi dengan Bapak/Ibu sekalian. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas jasa dan pengabdian Bapak/Ibu sekalian selama ini kepada bangsa dan negara,” kata Puan.

Sebelum dan sesudah peresmian, Marsekal Fadjar dan jajaran mengajak anak dan cucu Surindro untuk berfoto bersama serta meninjau sejumlah fasiltas di Lanud itu. Putra tertua Pratama, Putra Kedua Prananda, dan Putri ketiga Puan Maharani, dengan antusias mengikuti. Termasuk cucu dari Pratama dan Prananda yang tampak mengikutinya dengan serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement