Kamis 16 Jun 2022 17:23 WIB

Sri Yuniarsih, Calon Jamaah Haji Termuda Kloter I Embarkasi Makassar

Selaku ahli waris, Sri Yuniarsih menggantikan ibunya berangkat ke Tanah Suci.

Ilustrasi. Jamaah calon haji turun dari bus saat tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/7/2019). Sri Yuniarsih, Calon Jamaah Haji Termuda Kloter I Embarkasi Makassar
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Ilustrasi. Jamaah calon haji turun dari bus saat tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/7/2019). Sri Yuniarsih, Calon Jamaah Haji Termuda Kloter I Embarkasi Makassar

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Sri Yuniarsih (20 tahun) dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadi calon haji termuda pada Kelompok Terbang (Kloter) I Embarkasi Makassar.

"Usia saya tahun ini masuk 20 tahun. Sebenarnya akan berangkat bersama ayah, tetapi ada pemotongan kuota sehingga ayah belum bisa berangkat ke Tanah Suci," kata Sri di sela penerimaan calon jamaah haji Kloter I Makassar di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan keberangkatan ke Tanah Suci ini menggantikan porsi ibunya yang wafat tahun 2021. Menurut mahasiswa Universitas Veteran ini, ayah dan ibunya sudah mendaftar haji 12 tahun lalu.

Keduanya sudah mendapatkan giliran pada pemberangkatan haji dua tahun lalu. Namun karena terjadi pandemi Covid-19, pemberangkatan tertunda dua tahun sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Barulah tahun ini, pemberangkatan ke Tanah Suci dibuka kembali, namun ibu saya meninggal tahun lalu," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Karena itu, selaku ahli waris ia menggantikan ibunya berangkat ke Tanah Suci dan berencana akan membadalhajikan ibunya pada saat tiba di Makkah. Kendati ada rasa sedih dan sedikit khawatir karena akan berangkat ke Tanah Suci tanpa didampingi ayahnya, namun ia meyakini ini sudah jalan yang digariskan oleh Allah SWT.

"Insya Allah saya berserah diri pada Allah dan siap lahir batin untuk menjalankan rukun Islam kelima ini," katanya optimistis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni mengatakan Sri adalah seorang dari total 393 calon jamaah haji Kloter I yang dijadwalkan akan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar pada Jumat (17/6/2022) pukul 01.00 Wita.

Kloter I Embarkasi Makassar ini merupakan jamaah gabungan dari Kota Makassar, Parepare, dan Kabupaten Soppeng. Mereka sudah masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar sejak pukul 07.00 Wita.

"Semua yang masuk asrama hari ini dinyatakan telah memenuhi syarat secara administrasi dan fisik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement