Kamis 16 Jun 2022 15:35 WIB

Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat Sepakat Bangun Jalur Wisata Baru

Jalur wisata baru akan dibuka di Cigadung dan Lembang Maribaya.

Pengunjung menaiki salah satu wahana permainan di area kawasan wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pengunjung menaiki salah satu wahana permainan di area kawasan wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sepakat bekerja sama untuk membuat jalur wisata baru guna mengakselerasi geliat ekonomi hingga menaikkan pendapatan asli daerah (PAD). Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah lanjutan atas nota kesepahaman yang telah dilakukan antara Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung Barat pada 2021.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan kerja sama dalam potensi pariwisata di masing-masing wilayah. Di kita (Pemkot Bandung) di daerah Cigadung dan Di Kabupaten Bandung Barat di daerah Lembang Maribaya," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga

Dalam sektor pariwisata kedua pemerintah daerah itu sepakat melakukan kolaborasi mengembangkan jalur wisata kreatif Cigadung-Lembang. Jalur wisata kreatif ini akan melewati Taman makam pahlawan (Cigadung), studio Rosid (Cigadung), Rumah Batik Komar (Cigadung), Bosscha, Sarae Hills (psdeumanah), Kebun Begonia (Lembang), dan Tahu Susu Lembang.

Senada dengan Yana, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan kerjasama yang terjalin diharapkan akan meningkatkan PAD Kabupaten Bandung Barat. "Di sektor pariwisata, kami turun 60 persen, kami menyambut baik kerjasama bidang pariwisata ini," kata Hengky.

Selain di bidang pariwisata, dia mengatakan pihaknya akan melakukan kerjasama di bidang pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Kami punya galeri Dekranasda yang ada di Ikea, sehingga kami mempersilahkan UMKM dari Kota Bandung untuk bisa dipasarkan di galeri Dekranasda yang ada di Ikea dan itu potensi omzetnya lumayan," kata Hengky.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement