Kamis 16 Jun 2022 13:28 WIB

Facebook Rombak Total Fitur demi Saingi Popularitas TikTok 

Bersaing dengan TikTok adalah prioritas utama Facebook.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Meta Platforms, Mark Zuckerberg mengatakan bersaing dengan TikTok adalah prioritas utama perusahaan. Saat ini ia memiliki detail tambahan tentang bagaimana merombak total aplikasi Facebook untuk mencapai hal tersebut.

"Saat ini sedang mengerjakan desain ulang utama feed utama Facebook yang akan sangat menekankan konten yang direkomendasikan dari halaman, pembuat dan orang yang belum Anda ikuti," katanya dikutip dari engadget pada Kamis (16/6).

Baca Juga

Dia melanjutkan ingin mengubah Facebook menjadi "Mesin Penemuan (discovery engine)" yang akan sangat bergantung pada rekomendasi, mirip dengan umpan "Untuk Anda" TikTok. Rekomendasi terutama akan datang dari konten "tidak terhubung", termasuk Reel. Pengguna nantinya akan melihat lebih sedikit kiriman dari teman dan keluarga di umpan mereka.  

"Rencana tersebut juga akan membawa kotak masuk Messenger kembali ke aplikasi Facebook dalam upaya mendorong pengguna untuk berbagi lebih banyak konten dari discovery engine," kata dia.

Tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan Meta untuk menerapkan perubahan ini. Beberapa di antaranya mencerminkan perubahan yang sudah terjadi di Instagram.  

Ini bukan pertama kalinya para eksekutif Meta mengisyaratkan perubahan besar yang akan datang di aplikasi Facebook atau bahkan pertama kali mendengar tentang pivot yang akan datang dari jejaring sosial ke "Discovery Engine."  

Pada bulan April perusahaan berada di tengah-tengah "pergeseran besar" yang akan mengubah dinamika umpan untuk menekankan rekomendasi berbasis AI di atas grafik sosial pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement