Kamis 16 Jun 2022 09:14 WIB

Perbankan AS Naikkan Suku Bunga Utama untuk Samai Kenaikan Fed

The Fed menaikkan suku bunga acuan sebesar tiga perempat poin persentase.

Logo JPMorgan Chase & Co
Foto: AP Photo/Richard Drew
Logo JPMorgan Chase & Co

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bank-bank besar AS yang tercatat di Wall Street, JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc dan Wells Fargo & Co, mengatakan pada Rabu (15/6/2022) bahwa mereka telah menaikkan suku bunga pinjaman utama mereka sebesar 75 basis poin menjadi 4,75 persen, sesuai dengan kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) pada hari sebelumnya. Kenaikan suku bunga pinjaman ini berlaku efektif mulai Kamis (16/6/2022). 

The Fed menaikkan suku bunga acuan sebesar tiga perempat poin persentase, terbesar oleh bank sentral AS sejak 1994, karena berusaha menjinakkan inflasi yang panas.Bank sentral AS menghadapi tugas untuk memetakan arah bagi perekonomian untuk menghadapi kenaikan suku bunga tanpa mengulangi kesulitan gaya tahun 1970-an ketika kenaikan suku bunga bank sentral yang ditujukan untuk memerangi inflasi mengakibatkan resesi yang curam.

Baca Juga

Inflasi, yang telah menjadi isu politik panas, telah memburuk dengan perang Ukraina, memukul sentimen pasar dan menumpuk tekanan pada rantai pasokan yang sudah babak belur. Namun karena bank menghasilkan uang dari selisih antara apa yang mereka peroleh dari pinjaman dan pembayaran deposito dan dana lainnya, mereka biasanya berkembang dalam lingkungan suku bunga tinggi.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement