Kamis 16 Jun 2022 08:39 WIB

TOT II Nasional dan  LTC LPQ Pemuda Hidayatullah Ikhtiar Lahirkan Pendidik Bangsa

Seluruh lulusan TOT akan jadi penggerak kemajuan dan kecerdasan anak bangsa.

Pemuda Hidayatullah menggelar Training for Trainer (TOT) Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) di Balikpapan.
Foto: Dok Pemuda Hidayatullah
Pemuda Hidayatullah menggelar Training for Trainer (TOT) Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) di Balikpapan.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Kegiatan Training for Trainer (TOT) Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) Pemuda Hidayatullah ke-2 dibuka pada Selasa (14/6). Kegiatan itu akan diadakan di Balikpapan  selama sepekan. 

Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah, Mas Imam Nawawi mengatakan,  TOT ini bertujuan untuk melahirkan para pemimpin yang siap berkiprah mendidik generasi bangsa dengan mentalitas, wawasan, dan komitmen kepemimpinan yang kuat sebagai sebuah upaya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Implementasi semangat konstitusi dalam mewarisi perjuangan para pejuang bangsa yang telah mengorbankan harta bahkan jiwa untuk Indonesia merdeka adalah dengan cara melahirkan generasi yang punya kesadaran dan kecerdasan akan sejarah besarnya," kata Imam dalam sambutan pembukaan acara di Masjid Ar Riyadh, Kampus Ummulquraa Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.  

Imam mengatakan, oleh karena TOT ini adalah bagian dari upaya Pemuda Hidayatullah mencerdaskan kehidupan bangsa, maka apa yang dilakukan dimensinya bukan sekedar ruangan kegiatan digelar tetapi sebuah titik yang akan terus menjadi awal dari tersambungnya spirit lahirnya generasi bangsa yang akan membawa Indonesia pada martabat yang sesungguhnya. 

Lebih jauh, Imam menyebutkan, di dalam majalah Arsip Nasional disebutkan bahwa merdeka bukan sekedar dalam makna politik semata namun dalam dimensi universal. Oleh sebab itu, dibutuhkan generasi rabbani yang siap berkarya dan berkontribusi untuk kebaikan ini. 

"Generasi rabbani adalah mereka yang mewujudkan spirit al-'Alaq karena di alam diri generasi rabbani ada dua hal yang menjadi mainstream yaitu mengajarkan kebenaran dan terus menyelaminya," kata Imam seraya menukil Al Qur'an surah Ali 'Imran ayat 79.

Oleh sebab itu, lanjut dia, agenda LTC dan LPQ adalah dalam rangka manifestasi itu semua dan generasi rabbani adalah visi dari Pemuda Hidayatullah, yang mengharmonikan idealisme sebagai seorang muslim dan sekaligus idealisme sebagai bangsa Indonesia.

"Seluruh lulusan TOT akan menjadi penggerak kemajuan dan kecerdasan anak bangsa seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua," imbuhnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/6). 

photo
Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah, Mas Imam Nawawi memberikan kata sambutan pada pembukaan Training for Trainer (TOT) Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (14/6). (foto: Dok Pemuda Hidayatullah)

Dia menambahkan, hidup kita tidak tergantung di mana seseorang  berada karena substansinya bukan tempat tetapi pada visi dan semangat yang menyala berkobar- kobar di dalam hati yang ditunjukkan oleh manifestasi iman itu sendiri.

"Ya ayyuhal muddatsir, qum fa andzir. Generasi Islam jangan sampai beku pikirannya, tidak bangkit kesadaran dan kecerdasannya, karena sesungguhnya seluruh rangkaian dalam surat yang ada dalam sistematika wahyu basisnya adalah iqra' bismirabbik," tandasnya. 

Training for Trainer Leadership Training Center dan Pendidikan Al Quran Bersanad Pemuda Hidayatullah ke-2   ini dibuka oleh Kabid Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah Asih Subagyo. Acara itu juga  dihadiri oleh pendiri Hidayatullah KH Hasyim Harjo Suprapto, Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, para pembimbing dan pembina Kampus Ummulquraa Hidayatullah Gunung Tembak serta undangan dan santri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement