Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Abu Nawas Jadi Menteri

Gaya Hidup | Thursday, 16 Jun 2022, 08:21 WIB
Dok. NN

Banyak yang mengusulkan Abu Nawas jadi menteri. hanya sebagian kecil warga istana yang tak setuju.

Ketika utusan raja sampai di rumah, Abu Nawas sedang di daerah lain. Katanya ini untuk undangan tes. padahal menteri lainnya tidak dites. raja langsung menunjuk saja.

Mereka menunggu Abu Nawas sampai sore. Abu Nawas tiba di rumah malam. Hanya dipesankan agar datang esok pagi ke istana.

Hanya orang orang dekat raja saja yabg menyaksikan tes tersebut. Sebenarnya sedari awal Abu Nawas sedang dites: Datangnya tepat waktu. cara dia masuk. pakaiannya. cara dia makan. dan cara dia saat membicarakan solusi permasalahan negeri.

Hanya dua tes lagi yang belum dilewati. Yaitu tes mendengarkan yang bertepuk sebelah tangan dan memahami suara hewan.

Abu Nawas sempat menolak untuk tes ini. namun bukan Abu Nawas namanya bila tak dapat menyelesaikan urusannya.

Kata raja: Tes tentang bertepuk sebelah tangan itu, tentang integritas. sedangkan tes mendengar dan memahami suara hewan adalah tes kekuatan personal dan potensi.

Rupanya Abu Nawas bisa mendengar tepukan sebelah tangan. Abu Nawas juga tahu apa yang diucapkan ayam saat berkokok. Saat berkokok tadi, kata Abu Nawas, Ia menyampaikan pesannya agar saya jangan jadi menteri.

Kenapa begitu kata Raja. Jawab Abu Nawas :Akan banyak ayam yang tak bisa berkokok dan burung burung di istana akan berhenti berkicau.

Jadi biarlah saya tidak jadi menteri. katanya. saya menolak tawaran Raja. katanya. Raja diam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image