Rabu 15 Jun 2022 21:18 WIB

Makna di Balik Pembaharuan Logo ICMI

Logo Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) alami pembaruan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Logo ICMI
Foto: Dok ICMI
Logo ICMI

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Logo Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) alami pembaruan. "Logo utama tetap, tidak berubah. Tapi diperbarui dengan tagline Inspiratif-Transformatif dibawah logo. Inspiratif berarti semua jajaran ICMI menjadi sumber utama yang menginspirasi umat dan bangsa, menjadi ilham dan lentera negeri menuju rahmatan lil alamin," kata  Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Dr. Priyo Budi Santoso Priyo pada Senin (13/6/2022).

Menurut Priyo, transformatif bermakna ICMI harus menjadi penggerak perubahan, berhijrah menuju kebaikan negeri dengan  motor ilmu pengetahuan dan teknologi serta iman takwa. Diungkap Priyo, rapat perubahan logo ICMI dilakukan secara maraton selama dua bulan. Dalam kesempatan tersebut ICMI mengundang tokoh-tokoh cendekiawan, ahli branding, dan tokoh milenial. Pada bagian logo bertuliskan ICMI digunkan warna hijau.

Baca Juga

"Warna hijau muda menandakan energik dan semangat yang menyala," kata Priyo.

Dalam lampiran surat keputusan Majelis pengurus pusat ICMI disebutkan, tagline Inspiratif berarti Inspirasi menjadi diksi yang penting dalam kehidupan seseorang maupun organisasi. Inspirasi diperlukan seseorang maupun organisasi untuk melakukan suatu pekerjaan atau menghasilkan karya yang bermanfaat untuk orang lain. ICMI sebagai Lembaga yang memiliki brand ambassador seluruh pengurus dan seluruh anggota ICMI senantiasa harus inspitatif atau mampu memberikan ilham untuk perubahan yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain maupun alam semesta (rahmatan lil alamin). Dengan demikian diharapkan ICMI mampu membangun kepercayaan (building trust) yang dimulai dari self trust, kemudian relationship trust, stakeholder trust hingga inspiring trust.

Sementara tagline Transformatif, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata transformatif adalah  bersifat berubah-ubah bentuk (rupa, macam, sifat, keadaan, dan sebagainya). Berubah berarti berhjrah atau beradaptasi dengan perubahan baru agar dapat memprediksi kondisi yang ideal untuk mencapai visi. ICMI senantiasa mendorong dan mempengaruhi perubahan dengan teknologi dan proses baru yang inovatif sesuai kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan harapan (expectation) semua  pihak yang berkepentingan (stakeholder).

Warna hijau logo ICMI bertransformasi menjadi hijau yang lebih muda. Dengan harapan ICMI senantiasa memberikan nuansa yang segar, memiliki ide-ide yang segar, dan mampu beradaptasi pada era Milenial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement