Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Van Basten tak Anggap Messi Tiga Besar Legenda Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Rabu 15 Jun 2022 16:48 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah

Lionel Messi.

Lionel Messi.

Foto: DOK REPUBLIKA
Basten memilih Johan Cruyff, Pele, dan Maradona.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Sebagian besar pemain di dunia mengakui kehebatan Lionel Messi di lapangan. Ia seperti memiliki magis ketika memegang bola. Lawan sulit menghentikan atau merebut bola dari kaki La Pulga. Ia meraih banyak gelar bersama Barcelona mulai dari Liga Champions dan La Liga.

Namun bagi legenda Belanda Marco van Basten Messi bukan salah satu dari tiga pemain terbaik sepanjang masa. Meskipun ia juga tak menampik tentang kehebatan pemain Paris Saint-Germain (PSG). Menurutnya Pele, Diego Maradona dan Johan Cruyff adalah tiga pemain terhebat dalam sejarah.

Baca Juga

“Sebagai seorang anak saya ingin menjadi seperti Cruyff. Dia adalah teman saya. Saya merindukannya. Pele dan Maradona juga luar biasa,” ujar Van Basten dilansir dari Marca, Rabu (15/6/2022).

Messi, lanjut Van Basten merupakan pemain hebat. Namun Maradona selalu memiliki kepribadian lebih dalam sebuah tim. Sedangkan Messi lebih banyak menempatkan dirinya sebagai pahlawan daripada membesarkan sebuah tim.

Van Basten juga menyebut nama lain yang pantas menyandang sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah. Mereka adalah dua legenda Prancis Michel Platini dan Zinedine Zidane. Ditambah dengan kapten Portugal Cristiano Ronaldo.

Messi meraih tujuh trofi individu paling bergengsi yakni Ballon D’or. Ia tumbuh dan besar bersama Barcelona sejak tahun 2000. Sebanyak 670 gol dan 302 assist dalam 776 pertandingan di semua kompetisi ia persembahkan untuk Barcelona. Ia meraih 35 gelar dengan Blaugrana di antaranya 10 La Liga dan empat Liga Champions.

Ia kemudian pindah ke PSG pada musim panas tahun lalu. Namun ia belum menemukan kembali performa bagusnya bersama raksasa sepak bola Prancis itu. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA