Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Elektabilitas Ganjar-Erick Thohir tak Terkalahkan di Semua Lembaga Survei

Rabu 15 Jun 2022 16:39 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo . Dalam simulasi di sejumlah lembaga survei, pasangan Ganjar-Erick selalu unggul.

Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo . Dalam simulasi di sejumlah lembaga survei, pasangan Ganjar-Erick selalu unggul.

Foto: dok. Istimewa
Dalam simulasi 3 pasangan, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki perolehan tertinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas pasangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di dalam simulasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak terkalahkan oleh pasangan capres-cawapres lain. Hal tersebut terbukti berdasarkan temuan dari berbagai lembaga survei di Indonesia.

Lembaga Survei Indikator merilis hasil temuannya pada periode 11-21 Februari 2022 mengenai elektabilitas capres dan cawapres. Pada simulasi tiga figur yang dipasangkan, duet Ganjar-Erick Thohir berhasil menjadi jawara dari pasangan lain.

“Dalam simulasi tiga pasangan, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memiliki perolehan tertinggi dengan suara 32,2 persen, disusul pasangan Prabowo-Puan 28,7 persen dan Anies-AHY 27,4 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi.

Serupa dengan Indikator, temuan terbaru lembaga survei Poltracking Indonesia periode 16-22 Mei 2022 juga memperlihatkan pasangan Ganjar-Erick Thohir sebagai duet dengan elektabilitas tertinggi. Poltracking menyimulasikan tiga poros pasangan capres-cawapres di Pemilu 2024.

“Dalam simulasi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo-Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 27,6 persen, diikuti pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani 20,7 persen dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 17,9 persen,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda.

Menyusul Poltracking, survei Charta Politika pun menunjukkan hasil yang sama. Survei yang dilaksanakan pada periode 25 Mei-2 Juni 2022 ini menempatkan pasangan Ganjar-Erick Thohir di posisi teratas.

“Kami mencoba simulasikan pasangan capres-cawapres. Ada Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di angka 35,3 persen, pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani di angka 25,3 persen dan Prabowo Subiantor-Muhaimin Iskandar 23,7 persen,” ujar Direktur Charta Politica, Yunarto Wijaya.

Tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo-Erick Thohir pada simulasi yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei menunjukkan jika kedua figur ini maju dan diusung pada Pemilu 2024 mendatang. Jejak karier cemerlang Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah dan kinerja moncer Erick Thohir di BUMN dinilai menjadi faktor elektabilitas pasangan ini melonjak tinggi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA