Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Studi: Mayoritas Pengguna Layanan Pesan-antar Makanan Millenial dan Gen Z

Rabu 15 Jun 2022 16:25 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Gen Z dan milenial merupakan pengguna terbesar layanan OFD di Indonesia. Ilustrasi.

Gen Z dan milenial merupakan pengguna terbesar layanan OFD di Indonesia. Ilustrasi.

Foto: Flickr
Gen Z dan milenial merupakan pengguna terbesar layanan OFD di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mayoritas pengguna layanan pesan-antar makanan online (online food delivery/OFD) adalah millenial (Generasi Y) dan Generasi Z. Hal ini terungkap dari riset terbaru Tenggara Strategics.

"Gen Z dan milenial merupakan pengguna terbesar layanan OFD di Indonesia," kata Executive Director Tenggara Strategics Riyadi Suparno mengungkapkan temuan itu dalam laporan bertajuk "Survei Persepsi & Perilaku Konsumen Online Food Delivery (OFD) di Indonesia" yang dipaparkan secara daring di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga

Dalam survei tersebut, badan riset bagian dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Universitas Prasetiya Mulya itu menggunakan metode wawancara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Jumlah responden mencapai 1.200 orang yang tersebar di enam kota. Wawancara dilakukan pada 10 hingga 14 Januari 2022.

Riset memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan batas kesalahan atau MoE +/- 2,8 persen. Economic Research Lead Tenggara Strategics Stella Kusumawardhani memaparkan secara persentase Gen Z menduduki posisi tertinggi yakni 43 persen dari total responden, sementara millenial sebanyak 39 persen dari total responden. Layanan pesan-antar makanan online juga digunakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat berpenghasilan tetap.

Stella juga mengungkapkan sejumlah temuan lainnya dari riset terkait, di mana layanan pesan-antar makanan online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian masyarakat. "Mayoritas konsumen menggunakan OFD untuk mendukung produktivitas, menjelajahi tren kuliner terbaru dan bersosialisasi. Lebih dari setengah konsumen menggunakan OFD minimal sekali setiap minggu," imbuhnya.

GoFood menjadi preferensi utama konsumen dengan estimasi nilai transaksi tertinggi, mencapai Rp 30,65 triliun. Menurut riset, GoFood lebih banyak dimiliki dan digunakan oleh konsumen Indonesia meski para konsumen memiliki aplikasi OFD lainnya.

ShopeeFood berada di posisi kedua dengan estimasi nilai transaksi mencapai Rp 26,49 trilliun. Sebanyak 28 persen responden menjadikan ShopeeFood sebagai top of mind platform OFD dan dianggap konsumen sebagai platform yang paling banyak menawarkan promo.

Adapun GrabFood berada di posisi ketiga dengan estimasi nilai transaksi mencapai Rp 20,93 triliun. Sebanyak 22 persen responden menjadikan GrabFood sebagai top of mind platform OFD.

"Kami memperkirakan industri OFD juga akan terus bertumbuh. Hasil survei kami menemukan mayoritas konsumen (99 persen) berniat terus menggunakan dan meningkatkan penggunaan (96 persen) layanan OFD di masa-masa mendatang," jelas Stella.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA