Rabu 15 Jun 2022 15:20 WIB

Jamaah Haji Embarkasi Padang Mulai Menuju Kota Makkah

Jamaah mulai berangsur-angsur menuju Makkah sejak Senin (13/6/2022).

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia  bersiap menuju Bir Ali untuk mengambil miqat, Ahad (12/6).  Mereka akan menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah. Jamaah Haji Embarkasi Padang Mulai Menuju Kota Makkah
Foto: dok. MCH
Jamaah haji Indonesia bersiap menuju Bir Ali untuk mengambil miqat, Ahad (12/6). Mereka akan menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah. Jamaah Haji Embarkasi Padang Mulai Menuju Kota Makkah

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kemenag Sumatra Barat, Joben, mengatakan saat ini jamaah calon haji dari Embarkasi Sumbar sudah bergerak dari Kota Madinah menuju Makkah. Jamaah mulai berangsur-angsur menuju Makkah sejak Senin (13/6/2022).

Keberangkatan ke Makkah dimulai dari jamaah yang tergabung ke dalam kelompok terbang (kloter) I. "Alhamdulillah sampai saat ini jamaah Embarkasi Padang dalam keadaan sehat. Kalaupun ada yang sakit sudah kembali lagi ke kloter masing-masing," kata Joben, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga

Joben menjelaskan jamaah Embarkasi Padang akan diberangkatkan ke Makkah satu kloter satu hari. Mereka berangkat dari Madinah menuju Makkah menggunakan bus Shalawat yang disediakan Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) arab Saudi.

Hingga hari ini, lanjut Joben, sudah ada 3 kloter bergerak menuju Makkah. Sedangkan 4 kloter lainnya masih mengisi waktu dengan melakukan arbain dan berziarah ke tempat-tempat bersejarah, seperti Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Khandaq, Baqi, makam Nabi Muhammad SAW, dan kebun kurma

Dalam perjalanan menuju Makkah Al Mukarramah, jamaah Embarkasi Padang lanjut Joben sudah berpakaian Ihram. Sebelum sampai di Makkah, jamaah disempatkan ambil Miqat di Bir Ali. 

"Setelah sampai di Makkah jamaah langsung masuk hotel, istirahat dan makan. Selanjutnya jamaah bersiap-siap untuk melaksanakan tawaf ke Masjidil Haram. Insya Allah tawaf akan kita laksanakan sore atau sehabis Shalat magrib," ujar Joben.

Tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan sebanyak 2.881 jemaah dengan rincian, 2.093 Sumbar ditambah 10 orang PHD, 3 orang KBIHU, 747 jamaah Bengkulu dan 28 petugas Kloter. Jemaah Embarkasi diberangkatkan dalam 8 Kloter. Tujuh Kloter sudah diberangkatkan ke tanah suci dengan 2.745 jemaah. Sementara satu Kloter lagi akan diberangkatkan bersama jemaah Ujung Pandang (UPG) 19 pada 2 Juli mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement