Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Peserta Piala Dunia 2022 Lengkap, Kosta Rika Tim Terakhir Lolos

Rabu 15 Jun 2022 13:36 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Para pemain Kosta Rika merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Selandia Baru 1-0.

Para pemain Kosta Rika merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Selandia Baru 1-0.

Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Kosta Rika mengalahkan Selandia Baru 1-0 dalam laga playoff antarbenua.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Lengkap sudah peserta Piala Dunia 2022. Kosta Rika menjadi tim terakhir yang lolos ke Qatar, setelah menang 1-0 atas Selandia Baru dalam laga playoff antarbenua, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Dalam laga play-off ini, Kosta Rika sudah unggul saat pertandingan baru berjalan tiga menit, ketika mantan pemain Arsenal Joel Campbell melepaskan tendangan mendatar ke pojok gawang.

Sementara Selandia Baru mengakhiri pertandingan dengan 10 orang, ketika pemain pengganti Kosta Barbarouses mendapatkan kartu merah usai menjatuhkan Francisco Calvo. Piala Dunia akan dimulai pada 21 November, di mana Kosta Rika akan tergabung dengan juara 2010 Spanyol dan bertanding dalam laga pembuka grup dua hari kemudian.

Baca Juga

Peringkat 31 dunia itu masuk dalam Grup E, yang juga diisi oleh empat kali juara dunia, Jerman dan Jepang yang sudah lolos tiga dari lima turnamen terakhir. Kosta Rika sendiri sudah enam kali tampil di Piala Dunia dan kali ini menjadi yang ketiga secara beruntun. Performa terbaik mereka terjadi pada 2014 saat mencapai perempat final dan finis sebagai pemimpin grup yang diisi Uruguay, Italia dan Inggris. Mereka mengalahkan Yunani lewat adu penalti di babak 16 besar dan kalah lewat adu penalti juga oleh Belanda.

Setelah finis di peringkat empat kualifikasi Concacaf, Kosta Rika menghadapi juara Oceania tersebut di Stadion Ahmad bin Ali, di Al Rayyan, Qatar. Selandia Baru berada di peringkat 101 dunia. Selandia Baru sebenarnya tampil cukup baik setelah kebobolan di awal pertandingan. Namun Alex Grieve, Matthew Garbett dan striker Newcastle Chris Wood gagal mengkonversi peluang mereka di kotak penalti menjadi gol.

Wood sempat mencetak gol jelang akhir babak pertama, saat tendangannya melewati kiper Paris Saint-Germain Keylor Navas. Namun wasit menganulir gol tersebut setelah mengecek inside melalui monitor di samping lapangan lewat VAR. Ternyata, Garbett melanggar Oscar Duarte sebelum memberikan umpan kepada Wood. Pemeriksaan VAR itu juga mengubah keputusan awal wasit, yang tadinya memberikan kartu kuning kepada Barbarouses menjadi kartu merah, seperti dikutip dari BBC. 

Berikut tim peserta Piala Dunia 2022:

Grup A : Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda.

Grup B : Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales.

Grup C :Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia.

Grup D : Prancis, Australia, Denmark, Tunisia.

Grup E : Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang.

Grup F : Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia.

Grup G : Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun.

Grup H : Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA