Rabu 15 Jun 2022 11:17 WIB

Berani Nonton? 7 Film Horor Indonesia dari Kisah Nyata

Kisah-kisah nyata ini diangkat ke layar lebar, jadilah film horor.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Adinda Thomas dalam Film KKN di Desa Penari
Adinda Thomas dalam Film KKN di Desa Penari

VIVA – Popularitas dan kualitas film horror Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Banyak masyarakat luas yang memberanikan diri untuk datang ke bioskop demi menyaksikan kisah seram dari film horror dalam negeri.

Tak heran bila film bergenre yang dapat memacu adrenalin ini cukup digemari dan bahkan laris di pasaran. Menariknya lagi film horror yang disuguhkan beberapa di antaranya tidak hanya fiksi belaka, tetapi ada yang diangkat berdasarkan kisah nyata.

Viva kali ini merangkum dari berbagai sumber mengenai film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata, deratan film ini juga bisa kamu jadikan list untuk ditonton ya.

7. Rumah Pondok Indah

 

Sesuai dengan judulnya, film ini diadaptasi dari kisah rumah yang berlokasi di kawasan Pondok Indah. Rumahnya terkenal angker dan seram. Pasalnya, banyak warga yang mengatakan bahwa penjual nasi goreng yang mangkal di sekitar rumah angker tersebut tiba-tiba menghilang secara misterius.

Film ini berkisah tentang pengalaman sebuah keluarga yang sering dihantui oleh makhluk halus. Dalam kurun waktu 24 jam seluruh keluarga tersebut tewas secara misterius. Peristiwa tersebut terus berulang meski rumah tersebut dijual ke pemilik yang baru.

6. Rumah Kentang

 

Diangkat dari kisah sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Darmawangsa, Jakarta Selatan yang menurut warga sekitar sering tercium bau kentang pada malam hari.

Rumornya, bau tersebut berasal dari arwah anak kecil yang terebus hidup-hidup di kuali merebus kentang. Film yang dibintangi oleh artis cantik Shandy Aulia ini mengambil gambar di lokasi yang sesungguhnya untuk memberikan kesan mistis bagi penonton.

5. Keluarga Tak Kasat Mata

 

Salah satu film horror Indonesia yaitu Keluarga Tak Kasat Mata yang diangkat dari kisah nyata. Ceritanya diambil dari pengalaman mistis yang dialami oleh Genta (Deva Mahendra) yang bekerja di sebuah perusahaan periklanan di Yogyakarta.

Genta serta karyawan lain mulai mengalami kejadian aneh sejak lokasi kantor mereka berpindah. Bahkan sebelum difilmkan, pihak produksi sempat meminta izin pada makhluk tak kasat mata yang merupakan penunggu tempat tersebut.

4. Terowongan Cablanca

 

Penonton ‘Terowongan Casablanca’ pasti tahu legenda klakson klakson saat melewatim yang terkenal ini. Digarap oleh Nanang Istiabudi, film tersebut menceritakan sekeompok pemuda saat melihat kuntilanak, sehingga menyebabkan mereka mengalami kecelakaan di Casablanca.

Lalu ada remaja SMA bernama Astari (Asha Sara) yang hamil di luar nikah dan dibunuh oleh kekasihnya sendiri di pernikahan Casablanca demi untuk menutupi aibnya.

Berdasarkan cerita warga sekitar, pembangunan tersebut di atas tanah kuburan massal. Diduga masih ada jasad utuh yang belum sempat dipindahkan membuat mereka gentayangan.

3. KM 97

 

Film ‘KM 97’ terinspirasi dari kisah kisah 97 seorang anak di KM KM Cipularang, yang menjadi jalan tol penghubung Bandung dan Jakarta. Berdasarkan cerita yang beredar, ada seorang keluarga tengah berhenti di kilometer 97.

Setelah itu, mereka tidak menyadari bahwa anak kecil yang ikut di dalam mobil bukan anak mereka, melainkan arwah anak lain yang menyamar menyerupai anak mereka. Hal sukses tersebut menimbulkan suasana mencekam.

2. Danur

 

Film horor garapan Awi Suryadi ini diangkat dari kejadian nyata Risa Saraswati, seorang penyanyi sekaligus penulis. Memuat kisah pertemuan seorang perempuan indigo bernama Risa Saraswati (Prilly Latuconsina) dengan tiga sahabat hantunya, bernama Peter, William, dan Jensen.

Satu waktu, ada momen di mana Mama Risa melihat jika anaknya sedang berbicara sendiri. Ia pun bertanya kepada Risa dengan siapa pun yang berbicara. Risa mengatakan bahwa ia berbicara dengan teman-temannya.

Sang Mama yang khawatir memutuskan untuk memanggil paranormal dan membuka mata batin Risa. Dari sini, Risa akhirnya menyadari bahwa anak-anak yang sering diajak berbicara adalah hantu dengan penampilan seram.

1. Gasing Tengkorak

 

Film 'Gasing Tengkorak' diadaptasi dari kisah nyata permainan tradisional asal Minangkabau, yang dijadikan sebagai media teror untuk membuat seseorang celaka.

Dikisahkan seorang perempuan bernama Veronica (Nikita Willy) tinggal di desa terpencil untuk mencari ketenangan dan rutinitas sehari-hari.

Tak terlupakan ia tiba-tiba saja menemukan mainan gasing. Namun siapa sangka jika gasing tersebut justru mengancam jiwanya sebagai tumbal.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement