Rabu 15 Jun 2022 10:49 WIB

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Bahas Peluang dan Tantangan Smart City

Para mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan literasi terkait smart city.

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan seminar bertajuk Peluang dan Tantangan Pengembangan Smart City di Indonesia.
Foto: Humas UMM
Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan seminar bertajuk Peluang dan Tantangan Pengembangan Smart City di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Teknologi, institusi, kebijakan dan peraturan menjadi faktor kesuksesan sekaligus tantangan bagi smart city. Hal-hal tersebut dikaji lebih dalam di Seminar Nasional Teknologi Informasi Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Seminar bertajuk “Peluang dan Tantangan Pengembangan Smart City di Indonesia” ini mengundang sederet pemateri ahli pada Kamis (9/6/2022) lalu. Beberapa di antaranya pembicara dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI, Dwi Elfrida Martina, Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan (IP) UMM, Tri Sulistyaningsih dan Dosen FEB UMM  Djoko Sigit.

Baca Juga

Pada pembukaan seminar, Dekan FISIP UMM Profesor Muslimin mengatakan, para mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan literasi terkait smart city. Hal ini terutama dalam upaya mengelola dan menggunakan teknologi informasi komunikasi. Di samping itu juga berupaya menyediakan layanan dan memberi solusi inovatif untuk masalah perkotaan.

Sementara itu, Dwi Elfrida Martin selaku koordinator layanan aplikasi pemerintah daerah menuturkan, smart city bukan menjadi upaya pencitraan agar bisa disorot media. Namun yang paling penting itu membangun citra kota atau wajah kota sebagai target dalam membangun kota cerdas. Kemudian diikuti dengan pembangunan infrastruktur, citra, dan layanan yang mumpuni.  "Ini diharapkan pembangunan tersebut juga diakui oleh nasional maupun internasional," katanya  Selasa (14/6/2022).

Dwi menambahkan smart city merupakan kawasan yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien. Dengan demikian, mampu menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup warganya.

Di sisi lain, Dosen Prodi IP UMM, Tri Sulistyaningsih juga sempat menjelaskan beberapa komponen dan karakteristik sebuah smart city. Hal ini diawali dengan smart governance yang menjadi aspek penting dalam pembangunan smart city. Kemudian juga smart living hingga smart economy.

Komponen atau karakteristik lain yang diperlukan yakni smart environment dan smart mobility. Satu hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah smart people. Dengan kata lain, orang-orang di kota tersebut juga harus pintar dan cerdas menggunakan teknologi dan memanfaatkan arus informasi. "Akan sia-sia jika kotanya sudah smart tapi masyarakatnya tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi,” ungkap Tri.

Hal tak jauh berbeda juga disampaikan Dosen FEB UMM Djoko Sigit. Menurutnya, ada sederet tantangan data yang harus dihadapi dalam smart city. Tantangan itu dapat berupa kebijakan dan peraturan terutama terkait kesiapan peraturan daerah, apek kelembagaan, pelaksanaan, dan teknologi.

“Seperti akses dan juga investasi teknolog informasi dan komunikasi. Ada juga tantangan institusional berupa kepemimpinan dan birokrasi. Tak ketinggalan aspek regulasi, infrasturktur, kualitas data hingga budaya berbasis data,” ungkapnya menambahkan.

Lebih lanjut, Djoko juga menegaskan bahwa smart city bukan hanya fokus di aspek teknologi semata. Namun hal yang tidak kalah penting adalah cara untuk mengolah data. Menurutnya, smart city akan berhasil diwujudkan jika masyarakat mampu menggunakan data dengan baik dan bijak. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement