Rabu 15 Jun 2022 10:22 WIB

Atalian Indonesia, Cibis Park, dan PMI Jaksel Lampaui Target Pengumpulan Darah

Hari Donor Darah Sedunia jatuh pada 14 Juni.

Kegiatan donor darah yang dilakukan melalui PMI Jaksel pada Hari Donor Darah Sedunia tanggal 14 Juni 2022.
Foto: Dok. Pal
Kegiatan donor darah yang dilakukan melalui PMI Jaksel pada Hari Donor Darah Sedunia tanggal 14 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia, transfusi darah terjadi setiap delapan detik, di mana terdapat lebih dari 12,3 juta kantong darah diperlukan selama tahun 2020. Jumlah ini terus bertambah setiap tahun, dan situasi pandemi Covid-19 kian mempersulit terpenuhinya kebutuhan kantong darah.

Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni, Atalian Global Services Indonesia berkolaborasi dengan Cibis Park dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan 'Ayo Donor Darah' pada 9 dan 10 Juni 2022 lalu untuk membangun kesadaran publik.

Baca Juga

Kegiatan tersebut terbuka bagi semua karyawan Atalian Indonesia, karyawan dari berbagai perusahaan di kompleks perkantoran Cibis Park dan masyarakat sekitar. Dengan 250 calon pendonor yang terdaftar dan 192 kantong darah yang terkumpul, kegiatan ini berhasil melampaui target rata-rata pengumpulan kantong darah dalam dua hari.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pahlawan kemanusiaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Di DKI Jakarta, kami memerlukan 1.200 kantong darah setiap harinya, untuk kemudian didistribusikan ke 190 rumah-rumah sakit. Kegiatan ini sangatlah melengkapi kebutuhan harian kantong darah di Provinsi DKI Jakarta,” jelas Rustam pada Rabu (15/6/2022).

Menambahkan dukungan kepada kegiatan donor darah ini, Walikota Jakarta Selatan Munjirin, mengatakan, dengan situasi yang sudah membaik dan masyarakat sudah terbiasa menjalankan protokol kesehatan, pihaknya ingin mendorong masyarakat agar tidak perlu khawatir ataupun takut untuk berinteraksi fisik khususnya dengan staf medis, saat ingin mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan yang sama, Chief Executive Officer of Atalian Global Services Indonesia, Jeffry Johary, mengemukakan sebagai pemain utama dalam industri manajemen fasilitas, pihaknya memiliki platform untuk meningkatkan kesadaran sekaligus menjawab keraguan mereka yang ingin mendonorkan darahnya dengan memberikan contoh. "Kami berencana untuk menjadikan kegiatan donor darah ini sebagai kegiatan rutin, dan kami nantikan kolaborasi dengan pihak-pihak lain guna mendukung masyarakat disekitar kita," kata Jeffry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement