Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Perintah Erick Thohir, Kementerian BUMN Dukung UKM Ikut Pasar Senggol di Istanbul

Rabu 15 Jun 2022 10:20 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Pelaku UKM Indonesia mengikuti Pasar Senggol Turki 2022 di Istanbul, Ahad (5/6/2022).

Pelaku UKM Indonesia mengikuti Pasar Senggol Turki 2022 di Istanbul, Ahad (5/6/2022).

Foto: Dok BUMN
BUMN mendukung pelaku UKM untuk go global, seperti ikut Pasar Senggol Turki 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kementerian BUMN membuktikan komitmen dalam mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk go global. Salah satunya, mengajak pelaku UKM yang memiliki produk unggulan menembus pasar internasional dengan mengikuti ajang Pasar Senggol Turki (Indonesian Culture Festival Market). UKM asal Indonesia yang mempromosikan produknya, terdiri olahan makanan, kopi, kerajinan tangan hingga, produk fashion.

Pasar Senggol Turki 2022 merupakan ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, dan Kementerian BUMN. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Halic Congress Center, Istanbul pada Ahad (5/6/2022).

Acara tersebut dihadiri Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal, Konsul Jenderal RI di Istanbul Imam As'ari, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga (daring), Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi, pelajar Indonesia di Turki, dan berbagai dubes negara sahabat.

Baca: Dubes: Erick Thohir Lebih Terkenal daripada Presiden Jokowi di Italia

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Imam As'ari menyampaikan, festival ekonomi dan budaya Indonesia di Istanbul diharapkan bisa terselenggara setiap tahun. Dia mencontohkan Tong Tong Festival yang menjadi agenda tahunan bagi diaspora Indonesia di Belanda. Menurut dia, Pasar Senggol Turki juga ditargetkan bisa menjadi agenda setiap tahun yang diselenggarakan oleh diaspora Indonesia di Turki.

Melalui Pasar Senggol Turki 2022 yang dihadiri lebih dari 3.500 pengunjung, kata Imam, ajang itu dapat memperkenalkan produk UKM Indonesia di mata masyarakat Turki. "Hal ini mengingat terdapat banyaknya ragam produk UKM tanah air baik dari dari diaspora Indonesia di Turki, maupun produk UKM yang langsung diberangkatkan dari Tanah Air," ucap Imam dalam siaran di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mewakili Erick Thohir menyampaikan, berbagai program untuk mendukung UKM terus digulirkan oleh Kementerian BUMN. Seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital, dan go global dengan pendampingan dari BUMN.

"Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki. BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru," ucap Arya.

Baca: Kehadiran BRI pada Masa Sulit Diapresiasi Warganet

Dia menjelaskan, selain pameran, Kementerian BUMN juga mendorong berbagai lembaga BUMN untuk melakukan business matching dengan potential buyers yang berasal dari Turki. "Kami menilai potensi market di Turki sangatlah besar bagi UKM BUMN. Dengan kolaborasi bersama KJRI dan PPI, kami berharap bisa menjadi kolaborasi dapat terus dilakukan sebagai upaya dalam dalam membantu UKM Go Global," kata Arya.

Pasar Senggol Turki 2022 turut diikuti sejumlah UKM binaan Rumah BUMN dari BRI, BNI, Mandiri, PT PLN, Telkom Indonesia, dan Pertamina. Keterlibatan UKM Binaan Rumah BUMN menjadi bukti kuat dari Kementerian BUMN untuk terus mendukung UKM go global sekaligus menjadi angin segar bagi para pelaku usaha Indonesia agar dapat selalu produktif, kreatif, dan inovatif untuk mengembangkan produk UKM-nya serta berorientasi ekspor.

Baca: Spanduk Berlogo GP Ansor Tolak Pengajian UAS di Citra Indah City, Jonggol

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA