Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Taklukkan Selandia Baru, Kosta Rika Lolos ke Piala Dunia Tiga Kali Beruntun

Rabu 15 Jun 2022 09:04 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain timnas Kosta Rika merayakan keberhasilan mereka lolos ke Piala Dunia 2022 bersama para suporter yang memadati Stadion Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022).

Para pemain timnas Kosta Rika merayakan keberhasilan mereka lolos ke Piala Dunia 2022 bersama para suporter yang memadati Stadion Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022).

Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkay
Kosta Rika mampu mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan tiga menit.

REPUBLIKA.CO.ID, RAYYAN -- Timnas Kosta Rika menyegel tiket terakhir Piala Dunia 2022 Qatar seusai mengalahkan Selandia Baru pada pertandingan kualifikasi Inter-Confederation Play-off di Stadion Al Rayyan, Qatar, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Kosta Rika akan melengkapi 32 negara yang akan tampil pada putaran final Piala Dunia 2022 yang rencananya akan digelar pada November hingga Desember mendatang.

Pada Piala Dunia 2022, Kosta Rika menempati Grup E yang bersama Spanyol, Jerman dan Jepang. Ini akan menjadi partisipasi ketiga berturut-turut mereka setelah mencapai perempat final pada 2014 dan kemudian tersingkir di babak penyisihan grup edisi 2018.

Baca Juga

Kosta Rika mampu mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan tiga menit ketika umpan silang dari Jewison Bennette dari sisi sayap kiri mampu dimaksimalkan oleh Joel Campbell sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selandia Baru berusaha untuk menyamakan kedudukan dan sempat beberapa kali memberikan tekanan, salah satunya melalui penyerang Chris Wood yang sempat mencetak gol pada menit 39, namun dianulir wasit karena VAR menunjukkan gelandang Matthew Garbett melakukan pelanggaran kepada Oscar Duarte.

Setelah sempat tertekan, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez melakukan tiga pergantian pemain di babak pertama, termasuk masuknya kapten veteran, Bryan Ruiz, tetapi Selandia Baru terus menciptakan lebih banyak peluang. Harapan Selandia Baru untuk menyamakan kedudukan semakin berat ketika pemain pengganti mereka Kostas Barbarouses harus diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap bek Kosta Rika Francisco Calvo pada menit 69.

Penjaga gawang Kosta Rika Keylor Navas mampu melakukan beberapa penyelamatan krusial termasuk dari upaya jarak jauh Clayton Lewis, dan kemudian tembakan mendatar dari Wood di 10 menit terakhir laga serta membuat skor 1-0 untuk kemenangan Los Ticos tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA