Rabu 15 Jun 2022 07:05 WIB

Inilah Barang-Barang Pribadi Rasulullah yang Diwakafkan

Sebelum meninggal, Rasulullah tidak meninggalkan harta jenis uang.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Inilah Barang-Barang Pribadi Rasulullah yang Diwakafkan
Foto: republika
Inilah Barang-Barang Pribadi Rasulullah yang Diwakafkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW merupakan manusia yang paling dermawan di alam semesta ini. Maka tak heran, sejumlah barang-barang beliau pun banyak diwakafkan, apa saja? 

Abdul Fattah As-Samman dalam buku Harta Nabi menjelaskan, ada sejumlah kriteria barang-barang Rasulullah SAW yang diwakafkan. Mulai dari peralatan-peralatan pribadi, senjata, hingga kebutuhan-kebutuhan khusus yang dimiliki Rasulullah SAW. 

Baca Juga

Abu Ya'la Al-Farra menyebutkan bahwa Sayyidina Abu Bakar menyerahkan alat-alat, panji, dan sepatu Rasulullah kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Dia berkata, "Selain itu ada sedekah,". 

Sebelum meninggal, Rasulullah tidak meninggalkan harta jenis uang. Tanah-tanah dan barang-barang yang dimiliki beliau dihukumi wakaf, bukan harta warisan. Adapun hasilnya dibagikan kepada sembilan istri Nabi, para pekerja Nabi, para nazhir wakaf Nabi, lalu sisanya dialokasikan untuk jalan Allah (fi sabilillah). 

Pendapat yang mengatakan bahwa beliau meninggalkan istri-istrinya dalam keadaan menderita adalah pendapat yang menyalahi Nabi secara khsusu dan kaum Muslimin secara umum. Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah menjadi nazhir terhadap sebagian harta Nabi.

Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits Urwah bin Az-Zubair yang mengatakan, "Aku mendengar Aisyah istri Nabi mengatakan, 'Para istri Nabi mengutus Usman kepada Sayyidina Abu Bakar guna menanyakan jatah mereka dari apa-apa yang telah diberikan Allah kepada Rasul-Nya. Aku menolak mereka. Aku mengatakan kepada mereka, 'Apakah kalian tidak bertakwa kepada Allah? Apakah kalian tidak mengetahui bahwasannya Nabi bersabda, "Kami tidak mewariskan. Apa yang kami tinggalkan adalah sedekah. Sesungguhnya keluarga Nabi Muhammad memakan dari harta ini,". Lantas para istri Nabi berhenti dari tuntutan mereka setelah kabar yang aku sampaikan kepada mereka,". 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement