Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohamad Su'ud

Binatang dan Jumlah Hewan Qurban

Agama | Tuesday, 14 Jun 2022, 22:57 WIB

Binatang/hewan Qurban

1. Macam-macam Binatang Qurban

Hewan yang dapat untuk qurban adalah Bahimah al-An’aam (binatang ternak), sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Hajj ayat 34.

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizqikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itu berserah dirilah kepadaNya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah) (QS. Al-Hajj;34).

Menurut pandangan para ulama bahwa yang termasuk Bahimah al-An’aam (binatang ternak) dalam ayat tersebut adalah kambing (termasuk di dalamnya domba dan biri-biri), sapi (termasuk kerbau) dan unta.

Ilustrasi (Mohamad Su'ud/DokPri)

2. Kriteria Binatang Qurban

Kriteria hewan untuk qurban dapat dilihat dari dua aspek, yaitu;

Pertama, kriteria secara fisik, yakni hewan untuk qurban hendaknya yang sehat, baik dan tidak cacat.

Hal ini digambarkan dalam hadis Nabi saw. sebagai berikut;

Diriwayatkan dari Anas ia berkata; Rasulullah saw telah berqurban dengan dua ekor kibasy yang bertanduk yang bagus, ia berkata; dan saya melihat Rasulullah melakukannya sendiri dan beliau meletakkan kakinya di atas kedua untanya, beliau membaca basamalah dan bertakbir (HR. Muslim, atTirmidzi dan an-Nasai)

Diriwayatkan dari Abi Said al-Khudry ia berkata; Rasulullah saw. melakukan qurban dengan memotong seekor kambing yang bertanduk dan jantan, perutnya berwarna hitam, kakinya berwarna hitam dan keliling matanya berwarna hitam (HR.at-Tirmidzi)

▪️Diriwayatkan dari Ubaid bin Fairuz, saya bertanya pada al-Barra bin Azib tentang sifat-sifat apa saja yang menyebabkan tidak bolehnya pada binatang qurban. Ia menjawab: bahwa Rasulullah Saw. berada di antara kami kemudian beliau bersabda: empat macam binatang yang tidak boleh dijadikan binatang Qurban, yaitu binatang yang buta lagi jelas butanya, yang sakit lagi jelas sakitnya, yang pincang lagi jelas kepincangannya, dan binatang yang kurus kering dan tidak bersih. (HR. Abu Dawud)

Hadis-hadis di atas menjelaskan bahwa;

a. Hewan yang layak dan pantas dijadikan hewan qurban sebagai berikut;

1) Al-Aqran, hewan yang bertanduk lengkap

2) Samin, yaitu hewan yang gemuk badannya atau berdaging

3) Al-Amlah, yaitu hewan yang warna putihnya lebih banyak daripada warna hitamnya

b. Hewan yang tidak layak dijadikan hewan qurban adalah;

1) Al-‘Auraa, yaitu hewan yang buta salah satu matanya

2) Al-Mardhoh, yaitu hewan yang jelas sakitnya

3) Al-‘Arja, yaitu hewan yang jelas pincangnya

4) Al-Kasir, yaitu hewan yang kurus kering dan kotor.

Kedua, kriteria dari segi umur.

Dalam hal ini dapat dijelaskan bahwa hewan yang memenuhi untuk berqurban, yaitu; unta usianya telah berumur 5 tahun, sapi telah berumur 2 tahun dan kambing telah berumur 1 tahun.

Ketiga, kriteria dari segi jenis kelamin (hewan qurban boleh jantan dan betina karena tidak ada dalil yang mengkhususkan salah satu jenis).

Jumlah Hewan Qurban

1) Seseorang telah dianggap cukup berqurban dengan seekor kambing .

Hal ini didasarkan pada hadis berikut:

Diriwayatkan dari Jund bin Sufyan ia berkata: Saya telah menyaksikan alAdha dengan Rasulullah saw. ketika beliau telah selesai shalat bersama orang banyak, beliau melihat seekor kambing yang telah disembelih. Kemudian beliau bersabda: barang siapa menyembelih qurban sebelum melakukan shalat hendaklah ia menyembelih seekor kambing sebagai gantinya. Dan barang siapa yang belum menyembelih, hendaklah menyembelih berdasarkan dengan nama Allah SWT. (HR. Muslim)

2. Seekor unta dan sapi telah mencukupi qurban untuk 7 orang.

Hal ini didasarkan pada hadis Nabi di bawah.

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ia berkata:Kami menyembelih hewan qurban bersama Rasulullah saw. di Hudaibiyah. Seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang.(HR. Muslim, Abu Daud dan Ahmad).

Atau dalam riwayat lain seekor unta telah mencukupi qurban untuk 10 orang.

Hal ini didasarkan pada riwayat.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ia berkata:Kami melakukan perjalanan bersama Rasulullah saw. kemudian hari Nahar (Idul Adha) tiba, maka kami bersama-sama melakukan qurban sepuluh orang untuk seekor unta dan tujuh orang untuk seekor sapi (HR. An-Nasai, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah.

Sumber: Fatwa Majelis Tarjih PP Muhammadiyah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image