Selasa 14 Jun 2022 18:30 WIB

Smartfren Gandeng Vidio dalam Layanan Streaming

Kerja sama penyedia konten dengan operator akan memberikan nilai tambah ke pelanggan.

 Smartfren Gandeng Vidio dalam Layanan Streaming. Foto:  Seorang usher menunjukkan Kartu Perdana Smartfren Erafone di Bintaro Xchange (1/10). Setiap pembelian handphone tipe apapun di Erafone, pelanggan akan mendapatkan Kartu Perdana Smartfren Erafone dan akan mendapatkan gratis kuota hingga 360GB.
Foto: dok
Smartfren Gandeng Vidio dalam Layanan Streaming. Foto: Seorang usher menunjukkan Kartu Perdana Smartfren Erafone di Bintaro Xchange (1/10). Setiap pembelian handphone tipe apapun di Erafone, pelanggan akan mendapatkan Kartu Perdana Smartfren Erafone dan akan mendapatkan gratis kuota hingga 360GB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Setelah berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 2,67 triliun pada kuartal pertama 2022 ini, atau naik 11,30 persen dibandingkan periode pada tahun sebelumnya PT Smartfen Telecom Tbk (FREN) siap menambah portofolio kerjasama bisnisnya, kali ini di layanan streaming. Lewat suntikan dana USD25 juta melalui DSST, tidak tanggung-tanggung, FREN disinyalir akan memiliki produk layanan streaming Vidio yang paling kompetitif. Vidio, platform lokal Over the Top (OTT) nomor wahid yang dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), yang merupakan bagian dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) ini dinilai dapat menjadi mitra strategis bagi portofolio grup Sinarmas, mengingat pertumbuhan pendapatan mereka yang melesat hingga 67 persen YOY di awal tahun 2022 ini. 

“Kerja sama ini bersifat strategis dan berpeluang mendongkrak user Smartfren yang sampai akhir 2021 ini sudah mencapai 34,3 juta pelanggan. Layanan streaming sendiri merupakan salah satu fitur yang digemari pengguna kami, dan pendongkrak traffic. Di grup Sinarmas sendiri selain Smartfren, kerja sama dengan Vidio sebagai content provider akan menambah portofolio ekosistem digital kami yang sudah diperkuat dengan adanya MyRepublic (FTTH) dan investasi digital DSST lainnya,” ujar Antony Susilo, Direktur FREN. 

Baca Juga

Kerja sama strategis dengan Vidio ini bukan merupakan gebrakan investasi produk digital pertama bagi FREN. Pada 2020 lalu, FREN juga bekerja sama dengan Meta meluncurkan Facebook Mobile Center. FREN optimis, dengan semakin gencarnya perusahaan berinvestasi pada ranah digital, akan lebih mudah untuk mengundang investor baru ke depannya. Oleh karenanya, dalam waktu dekat FREN berencana untuk menerbitkan sampai dengan 10 persen saham baru di harga penebusan Rp100,-. 

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, ITB, Ian Yosef M. Edward, ketika diminta keterangan, mengatakan bahwa ini merupakan upaya untuk tetap relevan dan mampu bersaing di bisnis telekomunikasi. 

"Kerja sama penyedia konten dengan operator akan memberikan nilai tambah ke pelanggan," ujar Yosef ketika diwawancara media, Selasa (14/6/2022).

Selain itu, ia pun sepakat hal ini menjadi bagian dari kompetisi dan upaya operator seluler untuk masuk ke ekosistem digital dengan konsep one stop service.

"Iya, [ini upaya] menjadi one stop service," kata dia.

Vidio sendiri dalam fund raising kali ini dikabarkan berhasil mengumpulkan suntikan modal sebesar USD45 juta dari berbagai mitra strategis. Sebelumnya di akhir 2021, Vidio juga mendapatkan investasi sebesar USD150 juta dari Affinity Equity Partners (Affinity), yang merupakan perusahaan ekuitas swasta terbesar di Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement