Selasa 14 Jun 2022 13:15 WIB

STIP Jakarta Terus Bertransformasi Mengikuti Pola dan Tatanan Baru

STIP Jakarta telah menghantarkan banyak pelaut Indonesia yang profesional.

Kampus STIP Jakarta.
Foto: Istimewa
Kampus STIP Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem pendidikan vokasi di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta siap bertransformasi mengikuti pola dan tatanan baru dengan strong confident. Langkah ini guna menghadapi perubahan dalam berbagai aspek kehidupan yang semakin cepat dan sulit diprediksi. 

Ketua STIP Capt Sudiono mengatakan, sesuai arahan dari Menteri Perhubungan bahwa bahwa lembaga pendidikan transportasi harus siap di garis terdepan dalam mencetak SDM transportasi yang unggul, kompeten, dan kompetitif di masa depan. Untuk itu, STIP Jakarta yang merupakan kampus di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan terus berupaya memenuhi peraturan standar dan merefer pada kajian ilmiah dan teori-teori yang ada. 

Di sisi lain, STIP Jakarta selalu peka dan jeli terhadap pengaruh lingkungan strategis terkait di tingkat nasional regional dan internasional. Dimana transformasi pendidikan vokasi BPSDMP juga harus kita lakukan dalam hal pemenuhan regulasi dan standar nasional serta internasional. "Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 yaitu standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

 

photo
Taruna/Taruni Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, mengikuti upacara. - (Istimewa)

 

Capt Sudiono juga menjelaskan, terkait transformasi harus dilakukan pihak STIP Jakarta mulainya dari jajaran manajemen sampai dengan staf. Sehingga, akan terwujud sistem pendidikan vokasi yang modern, berkelas dunia dengan lulusan yang unggul dan berdaya saing di pasar global.

“Dan untuk transformasi pendidikan vokasi juga harus kita lakukan dalam hal pemenuhan regulasi dan standar nasional serta internasional. Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 yaitu standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat, namun kampus BPSDMP mempunyai ciri khas yaitu pembangunan karakter bagi para Taruna dan taruna,” katanya.

Industri 4.0 

Capt Sudiono juga menjelaskan, bahwa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 perguruan tinggi di bawah pengelolaan Kemenhub dituntut untuk mengubah pola pikir, pola kegiatan, dari yang awalnya dilakukan secara luring, lalu dilakukan blended learning dan hingga saat ini kita mulai diperkenalkan dengan metaverse. 

Untuk itu, STIP Jakarta melakukan langkah-langkah konkrit dalam mengembangkan sumber daya manusia, hingga diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang ber-PRESTASI: Professional, Etika, Standar Global dan Integritas.

Pihaknya bersyukur karena selama ini STIP Jakarta telah menghantarkan banyak pelaut Indonesia yang profesional, handal, berdaya saing tinggi dan mampu mengarungi lautan dunia. “Keberhasilan menyelenggarakan S2 vokasi merupakan salah satu bentuk keberhasilan tersebut. Hal ini merupakan bukti kerja keras dan komitmen Kemenhub melalui BPSDMP untuk meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing,” ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement