Selasa 14 Jun 2022 10:50 WIB

Diplomat Senior China Bertemu Penasihat Keamanan AS

Diplomat China bertemu penasihat keamanan AS untuk mengintensifkan dialog

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan.
Foto: AP/Andrew Harnik
Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Diplomat senior yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) Yang Jiechi bertemu penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan di Luksemburg, Senin (13/6/2022) waktu setempat. Sejumlah media di China pada Selasa (14/6/2022), melaporkan bahwa kedua belah pihak sepakat mematuhi konsensus yang telah dicapai kedua kepala negara, mengintensifkan komunikasi dan dialog, menghindari kesalahpahaman, dan mengatasi perbedaan dengan sikap yang patut.

Presiden AS Joe Biden berulang kali berbicara kepada Presiden China Xi Jinping bahwa AS tidak berupaya menjalankan model baru Perang Dingin atau mengubah sistem China atau tidak menudukung upaya kemerdekaan Taiwan atau bermaksud konflik dengan China. Demikian diungkapkan Yang. Menurut Direktur Komisi Luar Negeri Komite Sentral CPC itu, pihak China sangat menghargai pernyataan Presiden Biden.

Baca Juga

Namun dia melihat akhir-akhir ini hubungan China-AS memasuki situasi yang sulit dan mengganggu kerja sama bilateral sehingga sudah tidak sesuai lagi dengan kepentingan kedua belah pihak dan negara lain di dunia. Pihak China, lanjut dia, siap bekerja sama dengan pihak AS dengan cara-cara yang damai tanpa menggunakan persaingan dalam melanjutkan hubungan bilateral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement