Selasa 14 Jun 2022 10:40 WIB

MUI Depok: Hewan Qurban Bergejala Berat PMK tak Sah

Hewan terkena PMK dengan gejala klinis kategori ringan masih bisa jadi hewan qurban.

KH Encep Hidayat, Ketua Bidang Fatwa MUI Kota Depok
Foto: damanhurizuhri/republika
KH Encep Hidayat, Ketua Bidang Fatwa MUI Kota Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Bidang Fatwa MUI Kota Depok, Jawa Barat Encep Hidayat menjelaskan terkait hukum berqurban dengan hewan yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dia mengatakan jika gejalanya ringan masih sah. Namun jika bergejala berat tidak sah. "Penjelasan ini juga sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 tentang Hukum dan Panduan Pelaksanaan Ibadah Kurban saat Wabah PMK," kata Encep Hidayat dalam keterangannya di Depok, Selasa (14/6/2022).

Encep menjelaskan hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori ringan, seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan, dan keluar air liur lebih dari biasanya, hukumnya sah dijadikan hewan qurban. Sedangkan hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori berat, seperti lepuh pada kuku hingga terlepas dan atau menyebabkan pincang atau tidak bisa berjalan serta menyebabkan sangat kurus, hukumnya tidak sah dijadikan hewan qurban.

Baca Juga

Namun, untuk hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori berat dan sembuh dari PMK dalam rentang waktu yang dibolehkan qurban (tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah). Hewan ternak tersebut sah dijadikan hewan qurban.

Selanjutnya, kata Encep, hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori berat dan sembuh dari PMK setelah lewat rentang waktu yang dibolehkan berqurban (tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah), sembelihan hewan tersebut dianggap sedekah, bukan hewan qurban. Encep menjelaskan untuk pelobangan pada telinga hewan dengan ear tag atau pemberian cap pada tubuhnya sebagai tanda hewan sudah divaksin atau sebagai identitasnya, tidak menghalangi keabsahan hewan qurban.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement