Selasa 14 Jun 2022 10:45 WIB

Calhaj Termuda Sulsel Berasal dari Kabupaten Sinjai

Calhaj termuda Sulsel untuk pemberangkatan haji 2022 berasal dari Kabupaten Sinjai

Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)
Foto: Angkasa Pura
Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan menyebutkan jamaah calon haji (JCH) termuda di provinsi itu l berasal dari Kabupaten Sinjai.Pranata Humas Kanwil Kemenag Sulsel Mawardi Sirajmengatakan data JCH termuda Sulsel untuk pemberangkatan haji 2022 berasal dari Kabupaten Sinjai Ferdi Wiranatabin Surabil berusia 18 tahun.

Keluarga Ferdi Wiranata bin Surabil bersama orang tuanya merupakan warga Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.Ferdi merupakan siswa SMU Negeri 1 Kabupaten Sinjai yang berusia 18 tahun menjadi jamaah calon haji termuda Sulsel yang akan melaksanakan ibadah Haji 1443 Hijriah/2022.

Baca Juga

Berdasakan data admin sistem informasi haji terpadu (Siskohat) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Bidang Haji dan Umrah, Ferdi harusnya berangkat di usia 16 tahun atau pemberangkatan pada 2020, namun karena pandemi COVID-19 akhirnya urung dilaksanakan.

"Tahun ini, dia akan menunaikan ibadah haji bersama ibu tercinta. Harusnya mereka berangkat tahun 2020 namun harus tertunda akibat pandemi. Berkat keputusan bersama Hasriati Mappiasse (Ibu Ferdi) yang memilih tidak menarik kembali setoran dana haji maupun pelunasan, akhirnya tahun 2022 bisa berhaji," katanya.

Mawardi mengatakan Ferdi berangkat ke Tanah Suci merupakan porsi pelimpahan menggantikan sang ayah Surabil bin Mamma yang meninggal karena penyakit komplikasi sebelum pandemi.Keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah mendampingi ibunya bersama dengan 107 Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Sinjai bergabung dalam keloter 18 mendatang.

"Sejatinya yang akan berangkat adalah ayahnya, namun almarhum meninggal dunia sebelum pelaksanaan tahapan pemberangkatan haji berlangsung sehingga Saya menggantikan orang tua karena adanya pelimpahan porsi sehingga saya bersama ibu berangkat tahun ini," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement